25 Januari Memperingati Hari Gizi dan Makanan di Indonesia

Hari Gizi Nasional atau HGN yang ke 63 akan diperingati hari ini pada tanggal 25 Januari. HGN tahun ini memilih tema “Protein Hewani Cegah Stunting”.

Tema itu dipilih bertujuan untuk memperluas informasi pada masyarakat tentang pentingnya mengonsumsi protein hewani untuk pencegahan stunting. Hal ini diperlukan mengingat asupan protein hewani di Indonesia yang tergolong rendah.

Pelaksana dari Tugas Direktur Gizi dan KIA Kemenkes Ni Made Diah mengatakan bahwa konsumsi protein hewani Indonesia terbilang yang paling rendah jika dibandingkan dengan negara lain yang mempunyai tingkat stunting rendah.

Tujuan dari Memperingati Hari Gizi Nasional

Meningkatkan komitmen serta kerja sama diantara pemerintah baik sektor kesehatan ataupun yang non kesehatan pada tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, juga swasta dalam rangka percepatan penurunan stunting.

Menyebarkan informasi serta promosi kepada masyarakat mengenai pentingnya protein hewani dalam rangka pencegahan stunting.

Meningkatkan peranan dari semua pihak pada kampanye percepatan penurunan stunting menjadi salah satu upaya peningkatan untuk kualitas kesehatan masyarakat.

Cara pencegahan stunting melalui protein hewani

Hal utama yang menjadi penyebab adanya stunting yaitu kekurangan gizi sejak anak berada di dalam kandungan dan dalam rentan waktu yang lumayan lama. Dampak stunting yaitu pertumbuhan otak juga organ tubuh yang lainnya pada anak akan terganggu, hingga berakibat pada anak akan lebih berisiko terkena diabetes, hipertensi, dan gangguan jantung.

Mengonsumsi pangan hewani yang memiliki kandungan protein, vitamin, dan asam lemak yang biaa mencegah stunting. Jenis-jenis pangan hewani diantaranya telur, ikan, daging, susu, ulat dan serangga.

Pencegahan ini jika dilakukan sejak dini perlu memahami teori gizi mengenai pertumbuhan tulang. Tulang yang pada awalnya dari tulang rawan sampai terbentuk menjadi tulang keras.

Baca juga Sederet Laut Tercantik di Indonesia

1 komentar untuk “25 Januari Memperingati Hari Gizi dan Makanan di Indonesia”

  1. Pingback: Tips Merawat Lingkungan Ruman

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top