5 Cara Menjaga Mata saat Belajar Daring

5 Cara Menjaga Mata saat Belajar Daring

Cara Menjaga Mata – Pandemi Covid-19 sudah melanda di Indonesia selama kurang lebih 2 tahun lamanya , sudah tentu banyak memberikan dampak bagi kehidupan sehari-hari masyarakat, dimana salah satunya adalah diberlakukannya WFH (Work From Home) dan sekolah melalui daring. Kegiatan WFH dan sekolah daring memaksa orang dewasa bahkan anak-anak usia pelajar, untuk menggunakan gawai, seperti ponsel atau laptop, lebih dari 2 jam secara terus menerus.

Seiring berjalannya waktu, dengan intensitas penggunaan gawai yang cukup tinggi, masyarakat diharapkan perlu untuk mewaspadai gejala kelelahan pada mata karena otot mata kaku yang berakibat penglihatan menjadi buram saat melihat ke objek yang jaraknya jauh. Dalam menghindari risiko tersebut, ada beberapa cara yang bisa kalian coba untuk menjaga mata kalian selama pembelajaran daring :

1. Mengatur Jarak Layar dengan Mata

Ketika kalian menatap layar laptop atau gadget terlalu lama akan membuat mata menjadi cepat lelah, terlebih dengan jarak yang cukup dekat. Ketika hal tersebut terjadi, mata akan mengalami penyesuaian untuk menerima bayangan yang jelas dari objek yang dilihat. Sehingga mata akan berkontraksi dan menyebabkan kelelahan
Oleh sebab itu aturlah jarak gadget dan laptop kalian kurang lebih sekitar 30-40 cm. Hal ini akan membantuagar mata tidak cepat lelah dan rusak saat belajar daring berlangsung.

2. Pastikan Cahaya di Ruangan Cukup

Pencahayaan lampu di ruangan sangat penting agar kalian bisa melihat secara jelas. Hanya saja, saat belajar online di rumah, kalian perlu mengatur tingkat pencahayaan tersebut. Hindari pencahayaan yang terlalu terang karena membuat silau. Jangan pula membiarkan pencahayaan terlalu redup karena membuat penglihatan buram. Atur pencahayaan yang cukup sesuai kondisi mata kalian saat ini.
Selain dapat merawat kesehatan mata, ternyata pencahayaan ruangan juga berpengaruh terhadap produktivitas belajar, lho. Belajar dalam ruangan terang cenderung dapat meningkatkan konsentrasi, produktivitas, dan semangat belajar ketimbang dalam ruangan remang-remang.

3. Sering Mengedipkan Mata

Selama pembelajaran daring, sebaiknya kalian rutin mengedipkan mata. Normalnya, manusia berkedip sebanyak 15-20 kali dalam satu menit. Namun, frekuensi mengedipkan mata tersebut bisa menurun saat kalian membaca buku, menonton televisi, bahkan menatap layar laptop atau HP terlalu lama. Kalau kalian membiasakan berkedip sebanyak 15-20 kali saat belajar online, kalian akan terhindar dari mata kering dan kelelahan.

4. Konsumsi Makanan Bergizi

Agar mata kalian tetap sehat selama pembelajaran daring, kalian harus mengonsumsi beberapa makanan yang bergizi. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C, dan E, zinc, selenium, asam lemak omega-3, dan lutein dapat mencegah kerusakan pada mata. Kalian juga bisa mengonsumsi makanan, sayuran dan buah-buahan seperti wortel, bayam, brokoli, telur, tuna, kacang-kacangan, jeruk, dan apel.

5. Atur Pencahayaan

Untuk menurunkan risiko mata tidak sehat karena belajar online, pastikan mengatur pencahayaan layar. Usahakan pencahayaan tidak terlalu terang atau gelap agar mata tidak cepat lelah dan kalian lebih mudah melihat materi pelajaran di layar tersebut. Jika perlu, gunakan filter blue light pada layar untuk melindungi mata dari paparan sinar biru laptop maupun HP.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top