Akibat Buruk Terlalu Banyak Belajar

jpg

Pada umumnya, belajar merupakan hal yang penting dilakukan agar kita di masa depan memiliki bekal pengetahuan serta wawasan. Akan tetapi, terlalu banyak belajar juga tidak baik untuk dilakukan karena akan berdampak buruk pada diri sendiri.

Belajar itu yang secukupnya dan sewajarnya saja, seperti 60 menit sehari dan saat di sekolah itu sudah cukup dan konsisten saja. Bukannya dipaksa sampai setengah hari belajar atau bahkan seharian hingga lupa makan dan akhirnya malah menyiksa diri.

Hati-hati, terlalu banyak belajar dapat sebabkan 5 dampak buruk ini
Sumber : m.brilio.net

Belajar adalah hal yang dilakukan dengan kemauan kita sendiri, bukannya dimulai dari paksaan atau syarat untuk mendapatkan sesuatu. Tetapi keinginan kita untuk menguasai sesuatu. Tanpa lama-lama lagi, inilah beberapa akibat buruk terlalu banyak belajar, simak ya.

  1. Mudah Stress
    Tentu saja terlalu banyak belajar akan membuatmu stress karena waktu bersantai mu yang sedikit hingga membuat otakmu tidak bisa beristirahat dengan cukup.
  2. Ilmu yang diserap semakin sedikit
    Belajar dengan waktu yang lama tidak akan membuat kalian menguasai materi tersebut. Tetapi belajarlah hingga ke akar-akar nya hingga benar-benar paham akan cara kerja materi tersebut.
  3. Menjadi antisosial
    Jangan terlalu menghabiskan waktu untuk belajar, karena kita adalah manusia dan manusia adalah makhluk sosial yang saling membantu. Jarang bersosialisasi juga akan mempersusah hidupmu di masa depan.
  4. Mudah lelah dan sakit
    Karena kamu terlalu banyak belajar, otakmu pasti lelah karena kamu tidak cukup tidur, yang dimana akan berpengaruh pada kesehatan. Imun tubuh menurun sehingga membuat kamu jadi mudah sakit.
  5. Bingung untuk berkomunikasi
    Terlalu banyak belajar dan jarang bersosialisasi tentu saja akan membuatmu susah untuk berkomunikasi pada orang lain. Apalagi kita adalah makhluk sosial yang membutuhkan satu sama lain. Jika kamu tidak pandai berkomunikasi, bagaimana kamu akan membentuk keluargamu di masa depan nanti.

Kesimpulan :
Kesimpulannya adalah belajar memanglah hal yang harus dilakukan, akan tetapi tidak diharuskannya belajar terlalu banyak karena akan berdampak buruk bagi diri sendiri. Jadi belajarlah yang sewajarnya dan berhenti membuat orang di sekitarmu khawatir dengan kesehatanmu.

Baca juga : Kurangnya Pelayanan Pendidikan di Daerah Terpencil

2 komentar untuk “Akibat Buruk Terlalu Banyak Belajar”

  1. Pingback: Tips Belajar Bahasa Asing dengan Otodidak

  2. Pingback: 4 Cara Belajar Fisika dengan Mudah

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top