Apa Saja Ciri-ciri Hewan yang Haram Untuk Dimakan ?

jpg

Halo kalian semua, kalian udah pasti tau kan kalau di agam islam ada ajaran untuk para umatnya agar tidak mengkonsumsi makanan haram dan minuman haram. Di dalam agama islam, umatnya di berikan perintah untuk menjaga pola hidup sehat mereka, salah satunya adalah dengan berlakunya larangan terhadap bahan-bahan konsumsi yang haram. Tetapi, jangan berpikir islam memberikan larangan ini dengan tanpa alasan lho ya, larangan ini berlaku agar para umatnya terhindar dari penyakit.

Nah kira-kira apa aja sih ciri-ciri dari hewan yang tidak boleh dimakan oleh para muslim?, buat kalian yang belum tau dan mau tau, yuk simak aja langsung.

Ciri-ciri Hewan yang Haram Dimakan :

Bangkai dan Daging Babi

Bangkai dan Babi termasuk dalam ciri-ciri dari makanan haram karena terdapat penjelasan pasa surat Al-Maidah ayat 3.

ححُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ ٱلْمَيْتَةُ وَٱلدَّمُ وَلَحْمُ ٱلْخِنزِيرِ وَمَآ أُهِلَّ لِغَيْرِ ٱللَّهِ بِهِۦ وَٱلْمُنْخَنِقَةُ وَٱلْمَوْقُوذَةُ وَٱلْمُتَرَدِّيَةُ وَٱلنَّطِيحَةُ وَمَآ أَكَلَ ٱلسَّبُعُ إِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْ

Artinya:

“Diharamkan bagimu memakan bangkai hewan, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih tanpa nama allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan serang binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan diharamkan bagimu yang disembelih untuk berhala.”

Hewan yang Mati Tanpa Menyebutkan Nama Allah

Hal ini dijelaskan pasa surat Al-An’am ayat 121.

وَلَا تَأْكُلُوا۟ مِمَّا لَمْ يُذْكَرِ ٱسْمُ ٱللَّهِ عَلَيْهِ وَإِنَّهُۥ لَفِسْقٌ ۗ وَإِنَّ ٱلشَّيَٰطِينَ لَيُوحُونَ إِلَىٰٓ أَوْلِيَآئِهِمْ لِيُجَٰدِلُوكُمْ ۖ وَإِنْ أَطَعْتُمُوهُمْ إِنَّكُمْ لَمُشْرِكُونَ

Artinya:

“Dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya. Sesungguhnya perbuatan yang semacam itu adalah suatu kefasikan. Sesungguhnya setan itu membisikkan kepada kawan-kawannya agar mereka membantah kamu dan jika kamu menuruti mereka, sesungguhnya kamu tentulah menjadi orang-orang yang musyrik.”

Hewan yang Mengkonsumsi Kotoran

Hewan yang memakan kotoran adalah hewan yang termasuk haram untuk dimakan. Hal ini dijelskan dalam hadis yang diceritakan Ibnu Umar.

قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ ـ صلى الله عليه وسلم ـ عَنْ لُحُومِ الْجَلاَّلَةِ وَأَلْبَانِهَا

Artinya:

“Rasulullah SAW melarang daging dan susu dari kotoran.” (HR Ibnu Majah).

Hewan Bertaring

Hewan yang bertaring diharamkan untuk dimakan pada hadis yang diceritakan Abu Hurrairah.

كُلُّ ذِي نَابٍ مِنْ السِّبَاعِ فَأَكْلُهُ حَرَامٌ

Artinya:

“Setiap binatang yang giginya bertaring, maka memakannya adalah haram.” (HR Muslim).

Itu beberapa ciri-ciri dari hewan yang haram untuk dimakan. Hati-hati buat kalian yang beragama muslim ketika mau memilih makanan, jangan sampai kalian malah mencoba larangan tersebut. Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Apa Manfaatnya Belajar Bahasa Inggris? Yuk Baca!

3 komentar untuk “Apa Saja Ciri-ciri Hewan yang Haram Untuk Dimakan ?”

  1. Pingback: Mengenal Suku Sunda

  2. Pingback: 4 KEGIATAN YANG BISA KALIAN LAKUKAN SAAT PUASA

  3. Pingback: FAKTA MENGENAI SUSU SAPI

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top