Bunga Langka Yang Ada di Indonesia

Jenis bunga dengan populasi yang mulai menurun dan sulit ditemukan. Pemerintah mengupayakan perlindungan serta masyarakat dan juga lembaga peduli hutan dan lingkungan agar bunga langka yang ada di Indonesia tetaplah lestari.

Kepunahan yang terjadi pada tumbuhan tidak hanya dihadapi oleh tumbuhan dengan pemanfaatan berupa kayu ataupun kandungan yang lain. Berbagai macam bunga di Indonesia juga mengalami ancaman yang serupa, baik arena faktor alam ataupun akibat ulah dari manusia.

Berikut ini adalah beberapa bunga langka yang jarang ditemukan di Indonesia dan hampir menuju pada kepunahan.

Bunga Bangkai


Jagad Tani

Mengetahui namanya saja mungkin kita akan terbayang dengan bau-bau tak sedap. Memang benar, bunga bangkai memiliki aroma yang tidak enak, orang-orang yang ada disekitarnya mungkin tidak akan betah mencium aromanya.

Bungai bangkai ini maksimal bisa tumbuh hingga ketinggian mencapai 5 meter dengan berdiameter 1,5 meter. Jenis ini mampu beradaptasi diberbagai tempat. Namun terbesit kabar bahwa bunga ini sudah sangat sulit ditemukan.

Rafflesia Arnoldi


Fimela

Yang satu ini memanglah terlihat cukup indah. Dengan mengkombinasikan warna merah, kuning serta oranye membuat orang tertarik untuk melihatnya. Namun aroma yang dimiliki juga sama tidak sedapnya dengan bunga bangkai.

Raflesia Arnoldi berkembang dan juga tumbuh di daerah hutan Sumatra seperti Bengkulu, Jambi dan juga Sumatra Selatan. Rafflesia Arnoldi ini populasinya sudah semakin terancam punah. Jika ingin melihatnya secara langsung, bisa mendatangi taman nasional di Sumatera, seperti Taman Nasional Gunung Kerinci. Salah satu penyebab terancam oleh kepunahan ialah karena usianya yang pendek serta perkembangbiakkan yang sulit.

Anggrek Hartinah


Gurusiana

Dengan pemilik nama ilmiah Cymbidium Hartinahiahium ini memiliki bentuk dan rupa yang sangat indah, sehingga banyak sekali orang-orang pengoleksi tanaman hias menjadikannya sebagai hiasan di rumah. Anggrek Hartinah banyak tumbuh di pulau Sumatra pada era 1976. Namun sekarang sudah sulit untuk ditemukan.

Ciri-ciri yang membuatnya spesial adalah daunnya yang berbentuk seperti pita runcing, juga bunganya mirip seperti bintang dan memiliki kelopak dengan warna merah kecoklatan. Selain itu, ada semburat warna kuning di bagian tepi kelopak membuatnya semakin menarik.

Edelweiss Jawa

bunga langka

Tribun

Edelweiss Jawa juga merupakan tanaman langka yang ada di Indonesia. Sudah jelas hal ini sangat menyedihkan bagi pecinta tumbuhan. Dahulu tumbuhan ini banyak ditemukan di gunung-gunung Pulau Jawa dengan ketinggian antara 800 hingga 3,400 mdpl. Kabar terbaru, Edelweiss Jawa yang ada di Taman Nasional Bromo dikabarkan telah punah.

Edelweiss dikenal dengan sebutan bungai abadi karena mampu bertahan hidup dalam jangka waktu yang panjang dan juga tidak mudah untuk rusak. Kelangkaan bunga berwarna putih disebabkan karena pendaki gunung yang seringkali memetik bunga edelweiss.

Anggrek Hitam


Biaya.Info

Anggrek Hitam memiliki nama latin Coelogyne pandurata adalah bunga yang berasal dari Kalimantan dan Papua. Dari masing-masing daerah juga terdapat perbedaan. Pada Anggrek Hitam daerah Kalimantan memiliki kelopak dengan berwarna hijau serta putiknya berwarna hitam. Sementara Anggrek Hitam daerah Papua bagian putiknya berwarna cerah.

Anggrek hitam Indonesia ini biasanya tumbuh di pepohonan dan bebatuan. Namun saat ini sudah sulit ditemukan, mengingatnya telah menjadi salah satu bunga langka di Indonesia.

Kantong Semar


Wanaswara

Kantong semar merupakan tumbuhan bunga insektivora. Bentuknya seperti kantong dengan ukuran yang cukup besar. Kantong semar memiliki kelenjar nektar yang terdapat katup di luar kantong yang berfungsi untuk menangkap serangga.

Kelenjar nektar menghasilkan aroma yang harum sehingga membuat serangga tertarik masuk kedalamnya. Selain di Indonesia, bunga ini juga tersebar di negara-negara Asia Tenggara lainnya. Kabar saat ini, Kantong Semar populasinya semakin menurun dan mendekati kepunahan.

Itulah beberapa bunga langka yang ada di Indonesia. Masih ada banyak lagi bunga langka lainnya. Rawat tanaman jangan sampai menuju ke kepunahan.

Baca juga Zaman Batu dan Pembagiannya

1 komentar untuk “Bunga Langka Yang Ada di Indonesia”

  1. Pingback: Keindahan Alam Indonesia Mendunia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top