Cara Menjaga Etika Di Lingkungan Sekolah

jpg

Halo, gimana nih kehidupan sekolah kalian? ya semoga kehidupan sekolah kalian tidak ada masalah. Kali ini mimin mau bahas sesuatu yang penting, dimana tidak hanya siswa saja tetapi seluruh orang harus memiliki etika yang baik. Etika itu bisa menjadi kesan pertama orang lain terhadap kalian loh. Jadi, ketika orang lain melihat kalian dengan etika yang buruk, siapa coba yang mau temenan sama kalian. Maka dari tiu kalian harus menjaga etika kalian agar kesan pertama orang lain terhadapmu itu bagus. Dengan etika yang baik juga akan membuat kehidupanmu jadi lebih mudah karena orang-orang akan mudah menerima kalian yang bisa menjaga etika.

Tapi kali ini mimin hanya akan membahas cara menjaga sikap saat di lingkungan sekolah. Nih buat kalian para siswa atau pelajar yang sadar kalau belum bisa menjaga etika dan tak tau cara memperbaikinya, simak konten dibawah ya.

Berikut adalah cara menjaga etika di lingkungan sekolah :

Berbicara dengan sopan

Bicaralah dengan sopang entah dengan siapapun itu, mau dengan teman kalia, guru, kakak kelas, adik kelas aau yang lainnya. tetap jaga omongan kalian tetap sopan. Jangan gunakan kata-kata kotor khusunya pada orang yang lebih tua seperti guru atau kepala sekolah.

Jangan potong pembicaraan orang lain

Jika kalian merasa sering menyela pembicaraan orang lain, berhenti lakukan itu. Jangan berpikir bahwa ketika orang lain hanya diam ketika omongannya di sela dia merasa tidak apa-apa. Jangan lakukan hal ini lagi jika kalian ingin memiliki teman. Khususnya ketika guru sedang menjelaskan atau bicara, jangan disela.

Dengarkan ketika ada orang berbicara

Ketika teman kalian sedang berbicara atau bahkan guru kalian sedang berbicara, dengarkan dengan baik. jangan sampai ketika mereka berbicara dan mereka menanyaka pendapatmu sementara kamu tidak mendengarkan apapun sehingga kamu hanya bisa bertanya “gimana tadi?”, itu akan jadi sangat buruk.

Tatap muka lawan bicaramu ketika sedang berbicara

Jangan hanya dengarkan lalu mengabaikan temanmu dengan tidak melihat dia saat berbicara. Karena dengan kamu mengabaikan dia berbicara seperti tiu, kamu akan dianggap sebagai orang yang tidak menghargai orang lain saat diajak berbicara.

Bicara dengan nada yang jelas

Jika kalian mau berbicara dengan orang lain, bicaralah dengan jelas. Jangan berbicara dengan nada yang terlalu cepat, suara yang kecil, atau hal apapun yang membuat suara kalian tidak jelas.

Kira-kira seperti itulah etika yang harus kalian jaga saat baeada di lingkungan sekolah, sebenarnya kalian juga bisa melakukan etika di atas selain di ligkungan sekolah. Karena etika itu dibutuhkan dimana pun. Terima kasih buat kalian yag sudah menyimak dan semoga bermanfaat.

Baca juga : Manfaat Membaca Sebelum Tidur

1 komentar untuk “Cara Menjaga Etika Di Lingkungan Sekolah”

  1. Pingback: Sikap yang Harus Dihindari Saat Bekerja

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top