CATATANMU TIDAK MENARIK ? INI DIA TIPS MEMBUAT RANGKUMAN MATERI YANG MENARIK

cara membuat rangkuman yang menarik

Mengapa memiliki catatan atau rangkuman sangat penting bagi para pelajar maupun mahasiswa ? Sebagai orang terpelajar sudah sepantasnya kita untuk membiasakan diri kita sedemikian rupa, sehingga dapat menjadi pribadi dan penerus bangsa yang lebih baik. Bukan hanya pelajar, seorang tukang baksopun juga harus memiliki catatan untuk mengidentifikasi ke efektifan tingkat penjualan modal dan lain sebagainya. Catatan belajar yang bagus membuat kita jadi lebih paham konsep pelajaran. Supaya efektif, kita perlu atur strategi gimana caranya mencatat konsep pelajaran yang disampaikan guru. Entah di kelas atau di bimbel.

Ada banyak strategi belajar yang dapat diterapkan peserta didik untuk menunjang pembelajarannya. Beberapa diantaranya yaitu menonton materi pelajaran lewat kanal video, mengerjakan latihan – latihan soal, dan yang paling mudah dilakukan yaitu membuat rangkuman materi. 

Rangkuman materi merupakan catatan yang dibuat untuk mempermudah peserta didik memahami materi pelajaran.  Hal ini dikarenakan rangkuman berisi gabungan intisari dari setiap paragraf atau bab di suatu mata pelajaran. Pada media belajar yang memuat materi pelajaran, biasanya tulisan yang tersaji adalah gabungan dari intisari dan penjelasan intisari secara detail. Intisari dari sebuah topik mata pelajaran biasanya tertuang dalam bahasa yang lebih singkat tetapi padat. Intisari itu lah yang dicatat di rangkuman materi agar peserta didik kemudian dapat menggali ingatan penjelasan detail dari intisari tersebut. 

Selain memangkas waktu belajar, rangkuman materi juga membuat peserta didik tidak perlu membawa buku cetak pelajaran yang cukup berat ketika belajar di luar rumah. Belajar pun menjadi praktis karena bisa dilakukan dimana saja tanpa perlu mengkhawatirkan cara membawa buku cetak pelajaran. Berikut tips and trick agar tulisan rangkuman materi kalian lebih efektif dan mudah dipahami, simak terus yuk!

Ini Dia 6 Tips Membuat Rangkuman Materi yang Menarik !

  1. Persiapan

Persiapan yang dimaksud yaitu menyiapkan materi pelajaran yang ingin dibuat rangkumannya beserta peralatan untuk mengeksekusi rangkumannya. Sangat disarankan untuk membuat rangkuman materi sejak jauh – jauh hari sebelum ujian. Kalau perlu, pembuatan rangkuman materi ini menjadi sebuah habit atau kebiasaan positif yang dilakukan setiap pergantian materi bab baru, agar nantinya bisa digunakan saat mendekati waktu ujian tanpa perlu pusing dengan waktu yang terbatas jika baru membuatnya. Sebelum membuat rangkuman materi, tentu saja peserta didik harus membaca terlebih dahulu seluruh bab atau topik pelajaran yang ingin dibuat rangkumannya. Peserta didik dapat melakukan teknik membaca cepat sehingga tidak perlu menghafalnya.

  1. Beri Tanda pada Point Penting

Tips nomor dua dalam membuat rangkuman materi yang menarik dan interaktif yaitu menemukan intisari atau poin penting dari materi pelajaran yang ingin dibuat rangkumannya. Peserta didik dapat menandai poin – poin penting dengan cara meng-highlight-nya menggunakan stabilo atau tanda lain yang sekiranya dapat dilihat. Intisari atau poin – poin penting tersebut nantinya menjadi bahan tulisan dalam rangkuman materi yang akan dibuat.

  1. Target 

Tips nomor tiga dalam membuat rangkuman materi yang menari dan interaktif yaitu membuat target waktu. Target waktu sangat penting agar sesuatu yang kita kerjakan menjadi optimal alias tidak membuang – buang waktu.

  1. Kreasikan Rangkuman Materi

Tips nomor empat dalam membuat rangkuman materi yang menarik dan interaktif yaitu menghias rangkuman materi agar menarik dan tidak bosan saat dibaca.

  1. Tambahkan Ilustrasi

Tips nomor lima dalam membuat rangkuman materi yang menarik dan interaktif yaitu menambahkan ilustrasi sebagai pelengkap rangkuman. Peserta didik yang suka menggambar bisa menambahkan ilustrasi atau gambar sebagai pengganti tulisan, karena informasi visual dari ilustrasi atau gambar lebih mudah untuk diserap otak daripada tulisan.

  1. Scan Rangkuman Materi

Scan Rangkuman Materi yang dibuat ini merupakan tips terakhir dan bertujuan agar materi yang telah dirangkum dapat disimpan berupa file dan dapat dibaca dengan jelas. Tidak hanya itu, disimpan berupa file pdf memudahkan pembaca membaca rangkuman tersebut dimanapun.

3 komentar untuk “CATATANMU TIDAK MENARIK ? INI DIA TIPS MEMBUAT RANGKUMAN MATERI YANG MENARIK”

  1. Pingback: Tips Memlih Jurusan Kuliah

  2. Pingback: Manfaat Logika dalam Kehidupan Sehari - hari

  3. Pingback: Pentingnya dan Manfaat Logika dalam Kehidupan Sehari – hari – Pusat Konten Nasional

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top