Dampak Negatif Dari Begadang Bagi Pejalar

jpg,img

Dampak Negatif Dari Begadang Bagi Pejalar. Dampak negatif dari begadang bagi seorang pelajar akan memicu timbulnya beberapa dampak yang buruk bagi persekitaran mereka/ pelajar dan juga bagi kesehatan badan sang pelajar akan mengalami dampak-dampak atau perubahan tersendiri.

Awal mula efek begadang merajalela adalah di mana masa awal mula Virus Covid-19 yang menyebar dan dalam kesempatan kali ini kita akan membahas terlebih dahulu tentang efek berbahaya dari begadang di usia muda, apalagi dengan pandemi Covid-19 yang belum mereda, yang pasti banyak remaja dan mahasiswa akan begadang atau mengerjakan tugas-tugasnya, apalagi dengan sejak adanya pembelajaran Daring atau ( dalam jaringan ) ini pasti tugas-tugas yang diberikan kepada para pelajar akan lebih banyak, maka karena itu sejak adanya pandemi Covid-19 ini para pelajar banyak yang tidur hingga larut malam atau bahkan ada yang tidak tidur sekalipun.

Itu semua pasti ada faktor lain yang menjelaskan tentan dampak dari begadang ini terhadap kesehatan badan pada para pelajar:

  1. Bisa memicunya tingkat obesitas atau diabetes
    Kebisaan dari efek begadang ini biasanya akan menyebabkan tingkat produksi hormon leptin yang akan menekan nafsu makan, dan jika anda melewatkan waktu tidur selama berjam-jam, produksi hormon leptin akan menurun, yang akan mengakibatkan meningkatnya nafsu makan yang pada umumnya jika sudah memasuki larut malam yang berlebihan.
  2. Menurunnya sistem kekebalan tubuh
    Tidur yang sudah terlewat jauh akan menyebabkan efek penghancuran sel darah putih kita. Dan bisa berakibat daya tahan tubuh menjadi lemah atau rentan terhadap serangan berbagai penyakit yang ada.
  3. Kapasitas otak mulai menurun
    Seorang Profesor Juergen Zulley yang berasal dari Universitas Regensburg Univercity Hospital di kota Bavaria asal Jerman, telah mengatakan bahwa selama tidur otak kita berusaha beregenerasi sel-sel hingga ketika kita bangun badan atau tubuh kita bisa dapat berfungsi dengan baik dan sempurna. Dan jika kita kurang tidur, sel-sel yang ada pada otak juga akan mengalami kekurangan waktu untuk beregenerasi, yang pada akhirnya berakibat kinerja otak yang tidak akan maksimal dan menjadikan kapasitas memori pada otak kita akan menurun atau bahkan bisa menyebabkan efek demensia atau penyakit Alzheirmer atau semacam serangkaian penyakit stroke.
  4. Kerusakan pada hati
    Keseringan begadang juga berdampak atau bisa menyebabkannya kerusakan pada sistem hati kita. Seorang Profesor yang bernama Christian Benedict yang berasal dari Universitas Uppsala yang mengatakan bahwa selama kita tidur, otak kita akan membersihkan dirinya dari zat yang berbahaya, tapi beda lagi dengan orang yang memiliki keseringan dalam begadang, sistem pada otak akan kesulitan untuk membersihkan dirinya sendiri. Dan berakibat kadar dari zat NSE atau (neuronspecific enolase) dan S 100B atau (protein yang terikat dengan kalsium B S100) akan meningkat dalam darah.

Jadi itulah beberapa Dampak Negatif Dari Begadang Bagi Pejalar yang harus dihindari apalagi pada saat pandemi Covid-19 ini. Baca artikel yang ada dibawah sini.

Baca Juga: Mengenal Sejarah Awal Mula Terbentuknya Kertas

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top