Fakta Sejarah Kerupuk. Sang Pendamping Kuliner Nusantara

jpg,img

Fakta Sejarah Kerupuk. Sang Pendamping Kuliner Nusantara. Kerupuk adalah suatu makanan atau hidangan pendamping kuliner di seluruh penjuru Indonesia. Rasa dari kerupuk ini memiliki atau membuat orang yang makan memakannya lebih bahagia dan rasanya menjadi lebih nikmat, maka dari itu rakyat Indonesia harus selalu memakan suatu hidangan dengan menggunakan kerupuk ini dimeja makannya.

Sumber: www.rumahmesin.com

Di Indonesia, kerupuk sudah menjadi suatu makanan yang wajib harus ada untuk pendamping di makanan utama, dan tanpa adanya kerupuk ini pasti akan membuat disuatu hidangan tersebut nampak ada yang kurang. Kerupuk tidak harus menjadi suatu pendamping di makanan utama saja, namun kerupuk juga bisa menjadi suatu cemilan dan di makan bersama-sama oleh orang banyak, harganya pun juga terbilang sangat terjangkau mulai dari 1000 rupiah saja kamu sudah mendapatkan sebuah cemilan yang berupa kerupuk ini.

Namun disebalik pengertian tentang kerupuk, kerupuk juga menyimpan sejarah yang lumayan banyak. Berikut fakta sejarah kerupuk Sang pendamping kuliner Nusantara.

  1. Kerupuk adalah suatu makanan pendamping yang sudah ada di Indonesia sejak abad ke-9 dan ke-10 Massehi dan pertama kali muncul kerupuk di wilayah Tanah Jawa.
  2. Tulisan kerupuk rambak ditemukan pertama kali di sebuah Prasasti Batu Pura. Dan kerupuk adalah kerupuk yang terbuah dari kulit kerbau dan kulit sapi.
  3. Kerupuk rambak dan kerupuk aci merupakan jenis kerupuk yang baru ada dan paling populer di masa itu.
  4. Di masa penjajahan, kerupuk merupakan menjadi makanan pokok bagi penduduk Indonesia.
  5. Awal penyebaran kerupuk di wilayah Indonesia hingga ke Semenanjung Melayu pada abad ke-19 Massehi.
  6. Seorang pengusaha yang bernama Sahidin yang merupakan pengusaha kerupuk pertama asal Tasikmalaya yang membukan pabrik kerupuknya yang pertama kalinya di tahun 1930.
  7. Dan yang terakhir, sudah semakin banyak aneka ragam yang ada pada kerupuk ini di wilayah Indonesia. Seperti contoh ada: kerupuk Melinjo, kerupuk Ikan, kerupuk Rambak, kerupuk Aci, dan masih banyak lagi.

Jadi itulah beberapa fakta sejarah tentang kerupuk .sang pendamping kuliner nusantara.BACA ARTIKEL YANG LAINNYA, SEPERTI CONTOH YANG ADA DI BAWAH SINI.

Baca Juga: Mengetahui Asal Penyebab Kedatangannya Eropa Ke Indonesia

1 komentar untuk “Fakta Sejarah Kerupuk. Sang Pendamping Kuliner Nusantara”

  1. Pingback: Pengertian Keju Dan Manfaatnya Bagi Tubuh Manusia.Yuk Simak!!!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top