Fungsi dan Sejarah Hari Lahir Persandian Nasional

Fungsi dan Sejarah Hari Lahir Persandian Nasional

Menurut situs resmi BSSN, sejarah berdirinya persandian nasional bermula pada tanggal 4 April 1946. Saat itu, Menteri Pertahanan Amir Syarifoeddin menyadari perlunya keamanan komunikasi di Kementerian Pertahanan dan militer Indonesia.

Pada 4 April 1946, Mayor Jenderal TNI Dr. Roebiono Kertopati diperintahkan untuk membentuk Dinas Kode. Kemudian seiring dengan berkembangnya cakupan tanggung jawab pengamanan komunikasi berubah nama menjadi Djawatan Sandi berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Pertahanan No. 11/MP/1949 tertanggal 2 September 1949.

Karena kebutuhan dan tanggung jawab yang semakin besar, maka kewenangan Sandhi Javatan yang semula berada di bawah Menteri Pertahanan dan hanya dimiliki oleh Kementerian Pertahanan dan Angkatan Bersenjata, diubah dengan Keputusan Presiden RIS Nomor 65 Tahun 1950 tanggal 14 Februari 1950. diserahkan langsung kepada Presiden yang membawahi seluruh kementerian dan lembaga yang ada pada waktu itu.

Berdasarkan Keppres No. 7/1972 tertanggal 22 Februari 1972, nama Djawatan Sandi menjadi Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg). Sejalan konsolidasi dan penataan struktur kelembagaan pemerintah kala itu, landasan hukum Lembaga Sandi Negara terus diperbarui, berturut-turut pada 18 Juli 1994 dengan Keppres No. 54/1994, lalu pada 7 Juli 1999 dengan Keppres No. 77/1999, dan terakhir dengan Keppres No. 103/2001.

Pada 13 April 2021, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 28 Tahun 2021 tentang BSSN. Pembentukan BSSN akan melaksanakan seluruh tugas dan fungsi di Persandian di Lemsane, serta di bidang keamanan informasi, menjamin penggunaan jaringan telekomunikasi berbasis protokol Internet dan keamanannya. Pemeliharaan jaringan dan infrastruktur telekomunikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika yang ada akan dilaksanakan oleh BSSN yang akan mengoperasikannya.

FUNGSI

Dalam melaksanakan tugas tersebut, BSSN menyelenggarakan fungsi:

  1. perumusan dan penetapan kebijakan teknis di bidang keamanan siber dan sandi;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang keamanan siber dan sandi;
  3. penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang persandian;
  4. pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi di bidang persandian;
  5. koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan, dan dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan BSSN;
  6. pengelolaan barang milik negara yang menjadi tanggung jawab BSSN;
  7. pelaksanaan dukungan yang bersifat substantif kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan BSSN; dan
  8. pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan BSSN.

YUK BERKOMPETISI DAN BERPRESTASI

Halo pelajar Indonesia, Ayo uji kompetensimu sekarang juga dengan mengikuti Kompetisi Online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Ada banyak sekali kompetisi nasional dan internasional yang tersedia setiap bulannya hanya di Kompetisi.in.

LEMBAGA PENYELENGGARA LEGAL DAN TERDAFTAR DI KEMENKUMHAM HINGGA PUSPRESNAS

Lembaga penyelenggara kompetisi sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor AHU-0056982-AH.114 Tahun 2020 serta telah terkurasi sistem puspresnas di https://simt.kemdikbud.go.id/kurasi. Kami sudah berpengalaman sejak tahun 2019 dan sudah melahirkan banyak alumni berprestasi di tingkat nasional hingga internasional loh!!. Yuk buruan tunggu apa lagi segera gabung di Kompetisi.in

TEMUKAN MATERI DAN BIMBEL TERUPDATE

Hayo, siapa yang lagi bingung sama materi belajar di sekolah? Yuk belajar materi tambahan secara online di Website Belajaria!. Belajar bisa kapanpun dan dimanapun. Eits, Kalau masih bingung jangan khawatir!. Ada carilesprivat.com dan lesprivatsidoarjo.com yang siap membantu kalian belajar dengan tentor yang kompeten, komunikatif, dan berpengalaman loh!. Tunggu apa lagi? Yuk join sekarang! Ada FREE BIAYA PENDAFTARAN dan FREE SATU BULAN LES juga sebelum kuota terpenuhi. 

PLATFORM KOMPETISI ONLINE PERTAMA DI INDONESIA

Yuk ikuti kompetisi online yang terdaftar dan legal di kompetisinasional.comolimpiadekita.compusatbelajar.onlinekompetisionline.comkompetisi.co.idajangjuara.com, dan olimpiade.in pasti deh bakal berkesan dan semangat terus untuk berprestasi!! Yuk daftar di kompetisi.in!Navigasi posNavigasi pos

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top