Ini Dia Perbedaan Polisi Dan Brimob Serta Tugasnya Bagi Negara

jpg,img

Ini Dia Perbedaan Polisi Dan Brimob Serta Tugasnya Bagi Negara. Beberapa orang pasti pernah berpikir bahwa Polisi dan Brimob itu memiliki tugas dan peran yang sama, maka dari itu kali ini kita akan membahas tentang Perbedaan yang dimiliki Polisi dan Brimob dengan tugasnya bagi Negara Indonesia.

Secara umum Polisi ini bertugaskan sebagai untuk mengayomi masyarakat, menjaga keamanaan persekitaran, dan menegakan hukum yang berlaku. Akan tetapi Brimob ini merupakan Elit Polri yang ditugaskan untuk menanggulangi ancaman ketertiban masyarakat Indonesia yang berdampak besar atau tinggi. Dengan pengertian yang sudah dijelaskan di atas dapat disimpulkan bahwa Polisi dan Brimob yang pada dasarnya memiliki dasar yang relatif sama atau profesi di bidang yang sama yaitu di profesi naungan oleh Kepolisian Indonesia atau Polri yang membedakannya hanya tugas dan tanggung jawabnya saja, Dengan contoh tugas dari seorang Brimob adalah mewujudkannya keamanaan dari ancaman teroris bersenjata, serta tindakan kejahatan sebagai contoh: penyanderaan, dan ancaman yang beridentitas tinggi yang lainnya.

Perbedaan Polisi dan Brimob Serta Tugasnya Bagi Negara Indonesia

Sebagai salah satu satuan Elit Polri, dari secara posisi yang tersusun secara struktural posisi pada anggota Brimob ini berada pada jabatan dibawah Kapolri, dan tugas dari Brimob ini dapat dibagi secara umum dengan dua jenis yakni Brimob Resimen Gegana, dan Resimen Pelopor.

Resimen Gegana: Resimen Gegana ini biasa dikenal dengan sebutan Unit Penjinak Pada Bahan Peledak atau bisa disingkat dengan Unit JIHANDAK, tugas dari Resimen Gegana ini adalah untuk melakukan operasi kepolisian khusus yang diajarkan dalam pendidikannya untuk menjinakkan atau penjinakan pada bom bahkan sampai ke penanganan senjata yang berbasis kimia dan radioaktif.

Resimen Pelopor: Resimen Pelopor ini bertugaskan sebagai pelaksanaan operasi kepolisian khusus yang bersifatkan paramiliter, ya sebagai contohnya: menangani kerusuhan yang terjadi di dalam masyarakat, upaya pencarian orang yang hilang dan penyelamatan atau bisa disebut dengan tim (SAR), serta pengamanan instalasi vital, dan juga bisa ditugaskan untuk operasi gerilya.

Dengan adanya artikel di atas seharusnya kita sudah memahami tentang perbedaan antara Polisi dan Brimob, kalau kalian belum memahami tentang Brimob ini sebaiknya kalian membaca artikel yang ada dibawah sini.

Baca Juga: Memperingati HUT Brimob 14 November ke-77 Dan Sejarahnya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top