Mengenal Jurusan Geografi

Mengenal Jurusan Geografi

Deskripsi Jurusan Geografi

Geografi umumnya membahas bentang lahan dan hal-hal terkait fisik bumi. Mempelajari topografi, iklim, hingga geografi manusia untuk mencari hubungan antara kondisi alami dan pengumpulan populasi, penggunaan lahan, industri, sejarah, budaya, dan sebagainya. Selain belajar tentang fisik bumi, kamu juga akan dibekali dengan kemampuan untuk memahami perspektif regional dalam berbagai pengembangan wilayah termasuk penguasaan teknologi sistem informasi geografis.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Kemampuan meneliti
  • Kemampuan menganalisis dan mensintesis
  • Kemampuan membaca data spasial
  • Kemampuan melakukan perencanaan
  • Kemampuan manajerial
  • Kemampuan komunikasi
  • Pemahaman geografi

Kenapa Harus Memilih Jurusan Geografi?

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan jurusan Geografi.

  1. Memiliki pengetahuan yang mantap serta mampu merancang model aplikasi penginderaan jauh dan sistem informasi geografis. Jadi, kamu bisa melakukan kajian wilayah maupun ekologis.
  2. Mahir menyajikan data spasial geografi dalam bentuk peta, citra, tabel, gambar, juga teks baik secara analog maupun digital.
  3. Menyusun rencana pembangunan sektoral maupun yang berorientasi wilayah, serta melaksanakannya.
  4. Dibutuhkan di instansi pemerintah seperti Bakosurtanal, Badan Pertanahan Negara, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Badan Informasi Geospasial, dan lainnya. Cocok banget nih buat kamu yang ingin tertarik belajar Geografi dan ingin jadi abdi negara.
  5. Peluang kerja lulusan Geografi sangat besar seiring dengan meningkatnya kebutuhan informasi geospasial. Bahkan, seluruh Bappeda provinsi maupun kabupaten/kota diwajibkan memiliki ahli di bidang geografi.

Prospek Kerja

Peluang karier yang menanti lulusan Geografi sangat banyak. Jenis dan jenjang kariernya pun bervariasi. Karena instansi pemerintah, lembaga survei, perusahaan, juga organisasi nirlaba di bidang sumber daya alam dan lingkungan membutuhkan ahli geografi. Secara umum, rata-rata gaji awal lulusan Geografi berada pada kisaran Rp4.000.000, dengan spesialisasi pekerjaan tertentu di bidang Geografi. Besaran tersebut tentu saja memperhatikan aspek kemampuan dan pengalamanmu, area tempat bekerja, serta jabatan yang menjadi tanggung jawabmu.

Kalian ingin masuk PTN jurusan Geografi? kalian bisa banget mendapatkan sertifikat bidang lomba Geografi melalui ajang Kompetisi Nasional #3

Formulir Pendaftaran Konas #3

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top