Indonesia Ragamnya Keindahan Dunia

Keindahan alam yang ada Indonesia adalah daya tarik yang memikat bagi wisatawan domestik sampai mancanegara. Dengan dijuluki sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki panorama alam yang cukup lengkap yaitu pantai, laut, gunung, air terjun, hutan dan banyak wisata alam lainnya yang tak kalah memukau.

Didalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1996 tentang Perairan Indonesia, menyatakan bahwa jumlah pulau di Indonesia mencapai 17.508 pulau. Dengan letak yang paling barat yaitu Pulau Weh di Kota Sabang, Aceh. Dan pulau yang paling timur yaitu Pulau Liki yang letaknya di Kabupaten Sarni, Papua.

Dengan berkondisikan geografis yang teramat menakjupkan, memiliki banyak sekali pemandangan alam yang dapat dinikmati, dari pantai hingga ke pegunungan yang amat megah, nah berikut ini merupakan beberapa pemandanga alam yang ada di Indonesia dengan pemandangan yang amat memukau.

Raja Ampat


Travel Kompas

Pemandangan alam Raja Ampat menyuguhkan keindahan alam berupa gugusan pulau yang asri dengan hamparan jernihmya laut nan biru yang sangat jernih. Raja Ampat terletak di Semenanjung Doberai atau bisa disebut Semenanjung Kepala Burung (Bird’s Head Peninsula) yang berada di Provinsi Papua Barat.

Keindahan alamnya Raja Ampat begitu teramat memesona. Daratannya ditutupi dengan vegetasi yang rimbun. Area pantai berpasir putih disertai dengan deburan ombak yang indah. Bagi penggemar panorama bawah laut, Raja Ampat menawarkan pengalaman menyelam dan snorkeling dengan peralatan yang bisa disewa.

Pulau Padar

keindahan alam

CNN Indonesia

Pemandangan alam yang ada di Pulau Padar menjadi daya tarik utamanyan Letaknya ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur, dipulau ini terdiri dari perbukitan yang membentang menghadap ke lautan biru. Hal yang paling terbaik yang bisa dilakukan disini yaitu dengan melihat panorama dari atas bukit. Pengunjung bisa mendaki pebukitan di Pulau Padar untuk menikmati hamparan alam dari atas.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru


Reservasi Travel Blog

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru letaknya ada di Jawa Timur, Indonesia. Tempat wisata ini merupakan kawasan konservasi di Indonesia dengan lautan pasir sepanjang 10 km yang disebut Tengger, dimana empat kerucut gunung berapi muncul.

Kerucut tersebut yaitu Gunung Batok (2.470 m), Gunung Kursi (2.581 m), Gunung Watangan (2.661 m), dan Gunung Widodaren (2.650 m). Disertai dengan hamparan sabana yang luas dan semburan asap dari kawah menyajikan pemandangan alam yang sangat menakjupkan.

Saat berkunjung ke tempat ini, disarankan untuk tidak melewatkan panorama matahari terbit yang menakjubkan dengan kemegahan gunung. Untuk pilihan lainnya, wisatawan bisa menyaksikan indahnya matahari terbit dari Ranu Kumbolo, dimana matahari perlahan akan muncul dari lembah di antara kedua bukit tersebut.

Pantai Kelingking


Regional – KOMPAS.com

Pantai Kelingking berada di Desa Bunga Mekar, sebelah barat daya Pulau Nusa Penida, Bali. Salah satu keindahan alam yang teramat populer disini yaitu tanjung batu kapur yang ditumbuhi tanaman dengan ombak yang besar menerjangnya.

Untuk bisa sampai ke Nusa Penida, harus tiba di Pelabuhan Sanur dan membeli tiket feri cepat ke Nusa Penida. Perjalanan denganferi ini menempuh dengan waktu sekitar 30 menitam. Sesampainya di Pantai Kelingking, pengunjung harus berhati-hati saat akan menuruni anak tangga karena cukup curam. Walau jalannya cukup sulit, pemandangan alam yang memesona bisa menghilangkan rasa lelah.

Kepulauan Widi


Mongabay

Letaknya di Maluku Utara, Kepulauan Widi menyuguhkan pemandangan pasir putih dan laut biru yang teramat memukau. Berbaring di pasir putih sambil menikmati birunya laut mungkin bisa melepaskan rasa lelah dan stres yang dirasakan. Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan lumba-lumba melompat di atas air.

Untuk bisa ke Kepulauan Widi, wisatawan dapat naik pesawat ke Ternate lalu melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi laut atau naik pesawat kecil ke Labuha. Para pengunjung akhirnya bisa naik kapal untuk mencapai Kepulauan Widi di Halmahera Selatan, Maluku Utara

Gunung Rinjani


KASKUS

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi aktif di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kawasan Rinjani ini memiliki pemandangan alam hutan, seperti sabana, hutan semi gugur, dan hutan hijau pegunungan bawah.

Pengunjung bisa melihat panorama yang indah bahkan tanpa mencapai puncak. Cara mencapai lokasi ini yaitu dengan terbang langsung ke Bandara Internasional Lombok lalu menempuh perjalanan panjang ke kaki Gunung Rinjani.

Perjalanannya mencapai waktu sekitar 2,5 hingga tiga jam, melewati Mataram dan akhirnya sampai ke Gunung  Rinjani. Bagi pendaki, perkiraan waktu yang dibutuhkan dalam pendakian Rinjani adalah dua sampai empat hari, tergantung dari kondisi kebugaran orang masing-masing.

Baca juga Bunga Langka Yang Ada di Indonesia

1 komentar untuk “Indonesia Ragamnya Keindahan Dunia”

  1. Pingback: Musik Rekomendasi Agar Konsentrasi Belajar Meningkat

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top