Ketahuilah Manfaat Sahur Untuk Kesehatan

Sebelum kita membahas lebih lanjut lagi mengenai apa sajakah manfaat sahur untuk kesehatan, kita lebih dulu perlu mengetahui tentang apakah yang dimaksud dengan sahur. Kata sahur sendiri berasal dari bahasa arab, pastinya perlu dikembalikan pada hakikat makna kata itu dalam bahasa arab.

Sahur merupakan makanan yang dimakan pada saat waktu sahar, yaitu waktu sebelum terbitnya fajar dengan berniat untuk berpuasa. Ada juga manfaat apa saja yang akan didapatkan oleh kesehatan pada bangun menyantap sahur, berikut detailnya:

Mempersiapkan Tubuh untuk Berpuasa

Selama kita berpuasa, proses detoksifikasi dalam tubuh akan dimulai.  Dengan berpuasa, tubuh kita akan dengan otomatis memulai proses membersihkan diri dari kotoran juga racun. Pada saat itu, orang yang berpuasa akan beralih dari kebiasaan makan 3 hingga 4 kali sehari menjadi 1 kali saja, yaitu pada saat berbuka puasa.

Oleh sebab itu, bangun dengan makan sahur adalah upaya untuk mempersiapkan tubuh kamu sebelum menjalankan ibadah puasa. Dengan makan sahur, tubuh akan dicegah dari rasa kelaparan yang ekstrem, dikarenakan lemak dalam tubuh yang disimpan sebagai cadangan.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat yang lainnya didapatkan oleh kesehatan tubuh pada saat kamu bangun makan sahur merupakan kekebalan tubuh supaya tetap terjaga. Pada saat kekebalan tubuh dapat terjaga, secara otomatis tubuh akan terasa sehat juga aman dari berbagai jenis serangan penyakit.

Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang sehat pada saat sahur, supaya tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Dengan mengupayakan juga untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks serta serat, supaya waktu tercernanya makanan akan berlangsung dapat lebih lama. 

Mencegah Dehidrasi

Sahur juga begitu bermanfaat dikarenakan bisa menjaga jumlah cairan yang ada dalam tubuh. Dengan begitu, maka tubuh akan terhindar dari dehidrasi. Idealnya, tubuh membutuhkan 2 liter air di setiap harinya. Pada bulan ramadhan, kamu hanya dapat minum air saat di malam hari sebelum masuknya waktu sholat subuh serta sore hari pada saat berbuka puasa.

Nah, pada waktu sahur itulah yang menjadi kesempatan guna memenuhi kebutuhan cairan tubuh itu. Jika kamu tidak bangun untuk sahur, kebutuhan tubuh mengenai cairan akan sulit untuk terpenuhi. Yang mengakibatkan, pada saat di siang hari ketika puasa, kamu dapat mengalami dehidrasi.

Sumber Energi

Makanan sehari-hari yang dibutuhkan oleh tubuh yang sebagai sumber energi. Tanpa adanya pasokan makanan serta khususnya pada saat siang hari, tubuh akan merasa lemas dikarenakan berkurangnya sumber energi dalam tubuh. Yang mengakibatkan, kamu tidak dapat beraktivitas dengan maksimal.

Pada saat bangun sahur, kamu perlu untuk mengonsumsi makanan yang nantinya akan menjadi sebuah sumber energi untuk kamu beraktivitas pada siang hari. Jadi, sahur tidak ubahnya makan saat di siang hari. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk makan sahur dengan makanan yang bernutrisi seperti ikan, sayur, daging yang rendah lemak, termasuk juga dengan buah-buahan.

Baca juga Mengenal Sejarah dan Tujuan Hari Teater Sedunia

1 komentar untuk “Ketahuilah Manfaat Sahur Untuk Kesehatan”

  1. Pingback: Tentang Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top