Ketakjuban Tentang Gunung Kelud. Ada 5 Yuk Simak!!!

jpg,img

Ketakjuban Tentang Gunung Kelud. Ada 5 Yuk Simak!!!. Gunung Kelud sekarang sedang menjadi suatu topik perbincangan hangat di berbagai media, apalagi dengan kondisi gunung semeru yang sedang erupsi, pasti gunung yang lainnya akan ikut berhubungan tentang efek erupsi gunung semeru. Dikarenakan semua gunung di Indonesia memiliki struktur hubungan tanah yang sama atau saling berkaitan antara satu gunung dengan gunung lainnya.

Dan sekarang gunung kelud yang merupaka gunung yang terletak di perbatasan beberapa kabupaten diantaranya: Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang. Yang juga merupakan salah satu gunung berapi paling aktif selain gunung Merapi. Maka dari itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Ketakjuban Gunung Kelud Ada 5 Ayo Simak.

1. Merupakan Gunung Paling Aktif Di Indonesia

Ya Gunung Kelud merupakan suatu gunung berapi paling aktif di Indonesia yang bertempatan nomer dua setelah Merapi, letak Gunung Kelud ini berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Blitar, dan Malang. Gunung Kelud ini telah meletus sekitar abad ke-15 silam hingga ke tahun sekarang ini. Gunung Kelud mengalami erupsi terakhir kalianya berada pada tahun 2007, 2010, 2014, hingga sekarang ini.

2. Erupsi Terlama Dengan Waktu 45 Hari

Sekitar pada tahun 1990, gunung kelud ini mengalami erupsi yang sangat lama yaitu sekitar 45 hari, dengan waktu yang berlangsung pada tanggal 10 Februari sampai 13 Maret tahun 1990 silam, dan saking besarnya efek ledakannya danau kawah Kelud sampai dapat memuntahkan lahar dingin sejauh 24 kilometer melewati 11 sungai yang berhulu ke bagian di gunung tersebut.

3. Gunung Kelud Mempunyai Anak

Dengan kemunculnnya anak gunung kelud dianggap sebagi fenomena langkai dalam sejarah Indonesia. Kubah lava besar ini menggantikan adanya danau kawah Gunung Kelud ini merupakan dampak dari erupsi pada tahun 2007. Dan kubah lava ini mumcul di tanggal 5 November 2007 serta terus akan meninggi hingga berukuran selebar 100 meter.

4. Upacar Adat Larung Sesaji

Pada pembahasan kali ini kita tidak dulu membahas dari segi bencana meletusnya gunung kelud ini. Terdapat sebuah ritual khusus adat yang selalu dilakukan di kawah Gunung Kelud tersebut yaitu Larung Sesaji.

Upacar Larung Sesaji diadakan setiap bulan suro yang bertepatan di desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri.

5. Adanya Sumpah Lembu Suro

Sumpah Lembu Suro yang merasa dirinya telah ditipu oleh Dewi Kilisuci telah bersumpah. “Yohh wong kadiri kabeh, mbesuk bakal pethuuk jamane piwalesku sing makaping-kaping,yaiku Kadiri bakal dadi kali, Blitar dadi latar, lan Tulungagung bkal dadi Kedung. Yang artinya merupakan suatu kata yaitu:”Ya,orang Kadiri besok akan mendapatkan balasanku yang sangat besar. Kadiri yang bakal jadi sungai,Blitar akan menjadi daratan, dan Tulungagung menjadi sebuah danau. Yang bertujuan untuk merendam amarah dari Lembu Suro, masyarakat setempat menyelenggarakan sebuah ritual tahunan yang disebut Larung Sesaji.

Baca Artikel Yang Lainnya ya seperti yang disamping ini: Pengertian Gunung Kelud Secara Keseluruhannya. Yuk Simakkk!!!

1 komentar untuk “Ketakjuban Tentang Gunung Kelud. Ada 5 Yuk Simak!!!”

  1. Pingback: 6 Gunung Berapi Paling Aktif Hingga Sekarang di Indonesia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top