KISAH AVRIZA RAIH BEASISWA INDONESIA MAJU (BIM)

jpg

Program Beasiswa Indonesia Maju yang dibuka yaitu Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 4 reguler. Serta juga ada banyak siswa berprestasi yang berhasil lolos beasiswa ini. Salah satunya ialah Avriza Devano Bestafa yang berhasil raih BIM ke University Of California, San Diego (UCSD) Amerika Serikat pada jurusan Bioengineering. Simak kisahnya di bawah.

Berikut Kisah Avriza Raih Beasiswa Indonesia Maju (BIM):

Profil

Avriza Devano Bestafa ia Sejak duduk di bangku SMP Negeri 5 Yogyakarta, sudah memantapkan dirinya untuk menekuni dunia riset dan penelitian pada bidang biologi. Lahir di Yogyakarta, 30 April 2004. Avriz sejak SMP sangat aktif mengikuti berbagai lomba Karya Ilmiah Remaja atau (KIR).

Fokus Pada Bidang Penelitian Sejak SMP

Salah satu dari penelitiannya bertema pembangkit listrik dari limbah daun asam, terinspirasi dari limbah daun pohon asam yang ada di sekitar sekolahnya. Konsistensi dalam riset dan penelitian pun juga ia lanjutkan hingga sekolah SMA. Lalu pada saat SMA ia meneliti biodegradasi mikroplastik dengan mikroorganisme yang ada di perairan Yogyakarta. Menurut Avriz, memilih bidang biologi juga di latarbelakangi dengan kesukaannya pada tokoh Spiderman. Dalam film Spiderman banyak terkandung konsep bioteknologi yang membuatnya semakin percaya bahwa bidang yang ia tekuni mampu bermanfaat bagi banyak orang.

Mengikuti Beasiswa

Avriza pertama kali mengetahui Beasiswa Indonesia Maju dari media sosial Pusat Prestasi Nasional atau (Puspresnas). Saat itu ia memberanikan diri mendaftar BIM pada Program Persiapan S1 Luar Negeri. Ia mengatakan pada saat itu tahu BIM sebagai suatu kesempatan yang sangat besar. Jadi ia memutuskan mendaftar. Ekspetasinya dulu belum besar karena rapot, esai, dan juga daftar prestasinya harus melalui kurasi. Tetapi ia berhasil dan lolos.

Proses Yang Harus Di Lalui

Dia juga mengatakan, prosesnya yang harus di lalui banyak. Ada pembinaan contohnya seperti TOEFL, IELTS, SAT/ICT, webinar, college counselling, serta proyek sosial. Saat itu ia harus cermat meluangkan waktunya untuk mengikuti program persiapan BIM. Saat masih sekolah di SMA Taruna Nusantara dia diajarkan kedisiplinan. Jadi semuanya sudah terjadwal dan diatur. Sehingga benar-benar harus mengatur waktu untuk mengikuti kegiatan sekolah dan mengikuti program dari Beasiswa Indonesia Maju.

Prestasi Yang Berhasil Di Raihnya

  1. Medali emas Olimpiade Penelitian Siswa Nasional OPSI tingkat Provinsi Daerah IstimewaYogyakarta (DIY) tahun 2018.
  2. Medali Emas Olimpiade Penelitian Siswa OPSI Nasional tingkat Provinsi DIY pada tahun 2019.
  3. Medali Emas International Conference of Young Scientist (ICYS) Kuala Lumpur Malaysia tahun 2019.
  4. Penghargaan Khusus PORSIMAPTAR atau bidang Karya Tulis Ilmiah pada ajang Pekan Olahraga
  5. Seni Mahasiswa Pelajar dan Taruna tahun 2021.
  6. Medali Emas Indonesia National Science Enterprise Challenge pada tahun 2022.

Baca juga: TIPS MENCARI JUDUL MAKALAH YANG MENARIK

YUK BERKOMPETISI DAN BERPRESTASI

Halo pelajar Indonesia, Ayo uji kompetensimu sekarang juga dengan mengikuti Kompetisi Online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Ada banyak sekali kompetisi nasional dan internasional yang tersedia setiap bulannya hanya di Kompetisi.in.

LEMBAGA PENYELENGGARA LEGAL DAN TERDAFTAR DI KEMENKUMHAM HINGGA PUSPRESNAS

Lembaga penyelenggara kompetisi sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor AHU-0056982-AH.114 Tahun 2020 serta telah terkurasi sistem puspresnas di https://simt.kemdikbud.go.id/kurasi. Kami sudah berpengalaman sejak tahun 2019 dan sudah melahirkan banyak alumni berprestasi di tingkat nasional hingga internasional loh!!. Yuk buruan tunggu apa lagi segera gabung di Kompetisi.in

TEMUKAN MATERI DAN BIMBEL TERUPDATE

Hayo, siapa yang lagi bingung sama materi belajar di sekolah? Yuk belajar materi tambahan secara online di Website Belajaria!. Belajar bisa kapanpun dan dimanapun. Eits, Kalau masih bingung jangan khawatir!. Ada carilesprivat.com dan lesprivatsidoarjo.com yang siap membantu kalian belajar dengan tentor yang kompeten, komunikatif, dan berpengalaman loh!. Tunggu apa lagi? Yuk join sekarang! Ada FREE BIAYA PENDAFTARAN dan FREE SATU BULAN LES juga sebelum kuota terpenuhi. 

PLATFORM KOMPETISI ONLINE PERTAMA DI INDONESIA

Yuk ikuti kompetisi online yang terdaftar dan legal di kompetisinasional.comolimpiadekita.compusatbelajar.onlinekompetisionline.comkompetisi.co.idajangjuara.com, dan olimpiade.in pasti deh bakal berkesan dan semangat terus untuk berprestasi!! Yuk daftar di kompetisi.in!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top