Kisah ke-misterusan Batu Semar yang ada di Alun-alun Bojonegoro

jpg,img

Kisah ke-misterusan Batu Semar yang ada di Alun-alun Bojonegoro. Kabupaten Bojonegoro yang kini memiliki prasasti alami berupa wujud batu raksasa yang dinamakan dengan batu itu dengan nama Batu Semar di alun-alun kota. Dari beberapa orang pernah mendengar tentang kisah kemisteriusan yang menjadi bahan yang hangat wagra sekitar yang ada dikota tersebut, beberapa orang mengatakan jika batu tersebut ini terkenal sangat keramat.

Batu bear yang diangkut sampai ke Alun-alun Bojonegoro yang berbobobt kurang lebih sampai 80 ton, sekarang ini taman Alun-alun Bojonegoro menjadi suatu objek foto-foto bagi warga yang datang ke sana. Batu Semar yang berurukuran panjang dan lebar kurang lebih 4 meter serta tinggi berdiameter 3 meter tersebut merupakan material muntahan langsung dari Gunung Pandan yang meletus diperkirakan jutaan tahun lalu silam. Sebelumnya Batu Semar berletakan di wilayah persembunyian yaitu didalam hutan dikawasan Dusun Bendotan, Desa Krodonan, Kecamatan Gondang Bojonegoro kemudian bupati Suyoto membawanya ke alun-alun dengan alasan yaitu digunakan sebagai prasasti yang menyimbolkan “Tekad Untuk Terus Berkarya”.

Dalam proses melibatkan berbagai alat berat untuk mengangkat batu besar tersebut dari lokasi semula menuju ke taman alun-alun. Menurut cerita masyarakat sosok batu tersebut menyerupai tokoh wayang “Semar” itu juga menjadi suatu alasan mengapa batu tersebut juga dinamai nama tersebut Batu Semar,dan konon katanya Batu Semar memiliki hubungan spirutual dengan penguasa Gunung Pandan yang bernama Eyang Gendro Sari.

Setiap satu malam Suro atau malam satu Muharam batu tersebut digunakan untuk melakukan ritual dan kebanyakan ritual yang dilakukan yaitu berasal dari luat kota Bojonegoro. Dengan adanya kepercayaan ini pada saat pemindahan batu juga dilaksanakan berbagai ritual sebagi bentuk permintaan izin pada roh ghaib yang berada di dalam batu tersebut.

Kini hadirnya batu Semar di alun-alun kota Bojonegoro menjadikan taman tersebut makin terlihat cantik.

inilah Kisah ke-misterusan Batu Semar yang ada di Alun-alun Bojonegoro.

Baca Juga: Inilah Asal-usul terbentuknya kota Bojonegoro. Yuk simak!!!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top