Konferensi Meja Bundar: Hasil Pertemuan

Konferensi meja bundar merupakan konferensi bersejarah di Indonesia, di sana juga sebagai pertemuan yang begitu menegangkan. Mengapa begitu karena pertemuan tersebut yang menentukan bagaimana negara kita kedepannya.

Konferensi meja bundar yang berlangsung di Den Haag 1949, telah mencapai tujuan dengan menghasilkan beberapa keputusan sebagai berikut ini, kecuali Belanda harus membayar seluruh utangnya kepada RIS atau Republik Indonesia Serikat.

Salah satu hasil dari Konferensi Meja Bundar (KMB) yang diadakan di Den Haag, Belanda merupakan penyerahan kedaulatan kepada Republik Indonesia Serikat.

Kedaulatan itu tidak bisa dicabut kembali serta bersifat tanpa syarat. Pengakuan itu selambat-lambatnya diperlakukan pada 30 Desember 1949.

Berikut ini merupakan hasil dari Konferensi Meja Bundar (KMB):

  1. RIS (Republik Indonesia Serikat) serta Belanda tergabung dengan Uni Indonesia-Belanda. Pada uni tersebut, Indonesia dan juga Belanda akan bekerja sama, dan juga mempunyai kedudukan yang sederajat
  2. Masalah dengan Irian Barat akan dibahas dan juga diselesaikan setahun setelah pengakuan dari kedaulatan
  3. Indonesia akan mengembalikan semua milik Belanda, serta membayar semua hutang pada Hindia-Belanda sebelum 1949
  4. Kapal perang Belanda akan ditarik dari Indonesia, namun dengan catatan beberapa korvet (kapal perang kecil) akan diserahkan pada pihak RIS
  5. Tentara Belanda akan secepat mungkin ditarik mundur, dan juga KNIL (Tentara Kerajaan Hindia Belanda) akan dibubarkan, dengan catatan bahwa beberapa anggotanya yang diperlukan akan masuk pada kesatuan TNI.

Nah dengan adanya pertemuan ini, semua mendapatkan jawaban atas semua pertanyaan. Mereka menghasilkan kesempatan yang menguntungkan di dua belah pihak.

Dengan kalian mengetahui sejarah dari Indonesia ini sangatlah penting, kenapa? Karena sejarah dari Indonesia ini dengan pertarungan yang sangat panjang.

Mereka-mereka yang gugur telah memperjuangkan bangsanya dan bahkan setelah pernyataan kemerdekaan pun masih ada peperangan di beberapa daerah.

Pelajari sejarahnya dan hak itu akan membuat kalian mengerti bagaimana prosesnya dan perjuangan mereka tersebut hingga kita sekarang bisa menikmati kehidupan yang lebih layak dari pada dengan zaman saat penjajahan berlangsung.

Baca juga Tentang Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang

1 komentar untuk “Konferensi Meja Bundar: Hasil Pertemuan”

  1. Pingback: Tentang Kerajaan Hindu Terbesar Kerajaan Pajajaran

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top