Makanan Pendongkrak Kecerdasan Otak

makanan pendongkrak kecerdasan otak

Tidak sedikit dari kita yang menginginkan otak yang cerdas termasuk saya.  Mempunyai otak yang cerdas sudah pasti akan sangat berguna bagi kita yang hidup di era modern ini. Zaman yang serba instan dan canggih ini tentunya sangat memerlukan manusia-manusia  yang memiliki ide-ide brilian yang dapat bersaing diberbagai bidang. Nah, bila kita mempunyai otak yang brilian tentunya kita juga termasuk salah satu kandidat yang dibutuhkan. Untuk meningkatkan kecakapan otak kita di samping diasah terus, juga otak membutuhkan nutrisi yang baik dan tepat untuk membantunya meningkatkan kualitasnya. Nah terus apa aja sih makanan pendongkrak kecerdasan?

  1. Salmon
8 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan Anda

Ikan berlemak ini termasuk makanan pendongkrak kecerdasan, sumber terbaik dari ikan Salmon adalah asam lemak omega-3 (DHA dan EPA) yang berperan penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Penelitian baru-baru ini juga menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan asupan asam lemak omega-3 lebih banya diketahui berpikiran lebih tajam dan memperoleh hasil memuaskan pada uji kemampuan. Menurut para ahli, kendati tuna juga mengandung asam lemak omega-3, namun kandungannya tidak sebanyak ikan salmon.

  1. Telur
Protein Telur Ayam Nyaris Setara dengan ASI | Dunia Smart vidoran

Telur telah lama dikenal sebagai sumber penting protein yang mudah didapat dan harganya pun cukup terjangkau. Walaupun mengandung kolesterol, bagian kuning telur ternyata kaya akan kolin, yakni suatu zat yang bisa membantu perkembangan daya ingat atau memori.

  1. Selai Kacang
Alami Kondisi Ini, Sebaiknya Tak Makan Selai Kacang

Kacang tanah dan selai kacang diketahui kaya akan vitamin E, antioksidan yang berperan dalam melindungi membran-membran sel saraf. Bersama tiamin, vitamin E akan membantu sel saraf dan ota untuk penggunaan glukosa sebagai kebutuhan energi.

  1. Gandum Murni
Pemerintah impor gandum 300 ribu ton untuk alternatif pakan ternak - ANTARA  News

Otak membutuhkan persediaan atau suplai glukosa dari tubuh yang sifatnya stabil atau konstan. Gandum murni mempunyai peran untuk menduku kebutuhan itu. Serat yang terkandung di dalamnya bisa membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Makanan ini juga memiliki kandungan vitamin B yang berguna dalam memelihara kesehatan sistem saraf.

  1. Oat
Ganti Sarapan Nasi dengan Oatmeal, Apa Saja Manfaatnya? : Okezone Lifestyle

Oat atau oatmeal adalah sejenis sereal yang populer di kalangan anak-anak. Oatmeal merupakan sumber nutrisi penting bagi otak. Oat mampu menyediakan energi untuk otak yang sangat diperlukan anak-anak dalam mengawali kegiatan di pagi hari. Selain itu, serat pada oat juga memiliki peran untuk menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannya sepanjang pagi. Adapun kandungan lainnya seperti seng, potasium, vitamin B, dan vitamin E yang ada pada oat dapat membuat fungsi tubuh dan otak berfungsi pada kondisi prima.

  1. Buah Berry
Top 5 Buah-buahan untuk Diet Mesra Diabetes

Buah berry seperti stroberi, blackberry, raspberry, blueberry, dan lain sebagainya banyak mengandung nutrisi penting yang baik bagi kesehatan dan salah satu juga makanan pendongkrak kecerdasan . Antioksidan yang tinggi pada buah berry, terutama vitamin C, memiliki peran untuk mencegah kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak stroberi dan blueberry mengalami perbaikan fungsi daya ingat. Biji dari buah berry diketahui juga mengandung asam lemak omega-3.

  1. Kacang – Kacang
Asal Rutin Dikonsumsi Tiap Hari Kacang-kacangan Efektif Turunkan Berat Badan

Kacang-kacangan merupakan makanan yang spesial karena menawarkan segudang energi yang berasal dari karbohidrat kompleks dan protein. Selain itu, kacang juga merupakan sumber serat, mineral, dan vitamin. Kacang dikatakan baik untuk otak karena makanan ini dapat memberikan energi lebih lama dan membantu kemampuan berpikir anak-anak. Berdasarkan hasil penelitian, kacang pinto dan kacang merah mengandung asam lemak omega-3 (khususnya ALA) lebih banyak dibandingkan dengan kacang jenis lainnya.

  1. Sayuran Berwarna
Begini Cara Memilih Sayuran Segar agar Tak Kehilangan Manfaatnya - KordaNews

Wortel, bayam, labu, ubi jalar, dan tomat merupakan sayuran-sayuran kaya nutrisi dan antioksidan yang akan membuat sel-sel otak jadi lebih kuat dan sehat.

  1. Daging Sapi tanpa Lemak
Cara Mengolah Daging Sapi dengan Baik dan Benar - Alodokter

Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber makanan yang kaya akan zat besi. Zat besi adalah mineral esensial yang dapat membantu anak-anak berkonsentrasi dan tetap berenergi ketika di sekolah. Daging sapi juga memiliki kandungan mineral lain seperti seng yang dapat membantu menjaga daya ingat.

  1. Susu dan Yogurt
Antara Susu dan Yoghurt, Mana yang Lebih Sehat Bagi Tubuh? - Semua Halaman  - National Geographic

Makanan-makanan dari produk susu cenderung mengandung vitamin B dan protein yang tinggi. Kedua jenis nutrisi penting ini dapat membantu pertumbuhan jaringan otak, enzim, dan neurotransmitter. Susu dan yogurt juga bisa membantu perut kenyang karena kandungan karbohidrat dan proteinnya sekaligus menjadi sumber energi untuk otak.

  1. Brokoli
Tips Pilih Brokoli Segar dan Cara Simpan di Kulkas Freezer Halaman all -  Kompas.com

Untuk membantu menjaga kesehatan otak kita, brokoli merupakan tanaman yang sangat baik untuk dikonsumsi. Pada tanaman ini  banyak ditemukan  kandungan  antioksidan , vitamin C, dan betakaroten yang sangat baik untuk kesehatan otak.

Baca Juga: Tidak Doyan Brokoli? Coba Dulu 3 Resep Brokoli yang Menggugah Selera Ini
  1. Alpukat
Deretan Makanan Penurun Kolesterol yang Perlu Anda Ketahui - MNews

Untuk mencegah penuaan dini pada otak, dalam hal ini Alpukat bisa dijadikan pilihan yang tepat. Buah alpukat sangat baik untuk memberikan nutrisi otak kita. Buah ini kaya akan kandungan vitamin E yang bermanfaat sebagai antioksidan.

  1. Pisang

Pisang buah tropis yang cukup digemari banyak orang juga merupakan makanan yang punya kemampuan yang cukup baik dalam menutrisi otak kita.  Kandungan senyawa seperti magnesium dan kalium pada buah ini berguna untuk proses transmisi saraf pada tubuh manusia serta otak.

  1. Cokelat
Studi Sebut Mengendus Bau Cokelat Bisa Bantu Berhenti Merokok

Di dalam coklat itu sendiri terdapat kandungan flavonoid. Flavonoid tersebut berperan sebagai pemicu pembentukan sel saraf baru pada otak dan dengan begitu dapat menambah kemampuan dalam menyimpan berbagai jenis ingatan di memori otak Anda.

  1. Ikan
7 Manfaat Ikan Tuna: Cegah Kanker hingga Remajakan Kulit

Ikan merupakan makanan yang menduduki tingkat teratas, ikan memiliki banyak kandungan asam lemak omega-3 yang berperan penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan pada fungsi otak. Sebuah studi membuktikan bahwa orang dengan asupan asam lemak omega-3 lebih banyak ternyata memiliki otak yang dapat berpikir lebih tajam dan menperoleh hasil yang memuaskan ketika uji kemampuan. Asam lemak omega 3 ini banyak ditemukan pada ikan Salmon. tetapi pada ikan tuna juga mempunyai kandungan omega 3 namun tidak sebanyak kandungan yang terdapat  pada ikan salmon.

Baca Juga: [PENGUMUMAN] Pemeringkatan Ajang Juara 2

1 komentar untuk “Makanan Pendongkrak Kecerdasan Otak”

  1. Pingback: Tips Lancar Bahasa Inggris dalam 3 Bulan - Ajang Juara Cup

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top