Pentingnya dan Manfaat Logika dalam Kehidupan Sehari – hari

pentingnya logika

Logika sering disebut bertentangan dengan perasaan. Karena perasaan cenderung memandang masalah secara subjektif, sementara logika melakukannya secara objektif dan sesuai fakta.

Secara umum, pengertian logika adalah hasil pertimbangan dari akal pikiran manusia yang diutarakan melalui kata-kata dan dinyatakan dalam bahasa. Logika berasal dari bahasa Yunani, yaitu Logos yang kemudian membentuk kata Logikos dimana artinya adalah suatu pertimbangan akal (pikiran) yang diungkapkan dengan kata-kata atau bahasa.

Menurut Aristoteles (Harun, 1980), pengertian logika adalah ajaran tentang berpikir yang secara ilmiah membicarakan bentuk pikiran itu sendiri dan hukum-hukum yang menguasai pikiran.

Sementara, R.G. Soekadijo (1983-1994:3), pengertian logika adalah suatu metode atau teknik yang diciptakan untuk meneliti ketepatan menalar. Jan Hendrik Rapar (1996:5) mengatakan pengertian logika adalah suatu pertimbangan akal atau pikiran yang diatur lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa.

Pendapat lain adalah W. Poespoprodjo dan Ek. T. Gilarso, yang mengatakan logika merupakan suatu ilmu dan kecakapan menalar, serta berpikir dengan tepat.

Logika juga amat sangat bermanfaat di kehidupan sehari – hari lo, penasaran ? Simak info di bawah ini yuk!

Baca Juga: Pengertian Logika, Cara Berpikir & Belajar Memahaminya

MANFAAT LOGIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI – HARI

  1. Membantu Manusia Berpikir Cermat, Objektif, dan Abstrak

Dalam menemukan suatu kesimpulan. Logika akan mengajarkan pada berpikir secara cermat yakni teliti melihat semua detail yang ada dan tidak meninggalkan suatu jejak yang tertinggal, tidak berpihak sehingga apa yang dihasilkan tidak mempengaruhi penilaian secar pribadi maupun golongan, Berpikir abstrak juga diandalkan untuk menemukan suatu masalah yang terkadang tidak masuk dalam akar pikiran manusia. Menggali suatu kebenaran sangat sulit layaknya mencari jarum dalam tumpukan jerami.

  1. Membantu Agar dapat Berpikir Efisien dan Sistematis

Berpikir secara terstuktur dan sistematis akan menghasilkan sesuatu yang efisien dan tidak membuang buang waktu.

  1. Berpikir Secara Teratur

Logika itu sulit tapi meskipun kita tidak dapat menemukan sebuah kebenaran kita akan terbiasa berperilaku secara teratur dalam kehidupan.

  1. Membantu dan Melatih Manusia Agar dapat Berpikir Secara Kritis, Rasional, Lurus, Tertib, metodis, dan koheren
  2. Meningkatkan kecerdasan dan kemampuan manusia dalam berpikir secara mandiri dan tajam

Proses berpikir secara logika secara tidak sadar akan membuat kita semakin cerdas, dimana kita berusaha untuk menemukan suatu fakta yang tersembunyi, dan dalam prakteknya dengan masalah atau apapun hal yang ringan kita akan mudah untuk mendapatkan solusi dan dapat berpikir secara cerdas.

  1. Memiliki Kemampuan untuk Menganalisis Suatu Kejadian

Menganalisis suatu kejadian itu sulit, sama halnya dengan manfaat mempelajari psikologi tetapi jika kita telah terbiasa menggunakan logika berpikir maka tidak jarang analisis yang kita lakukan akan memperoleh hasil yang baik.

Dengan belajar logika mampu meningkatkan daya analisis yang kian bertambah. Pengambilan keputusan akan diambil secara benar dengan mempertimbangkan hal-hal yang sudah terlihat, terbaca dan dipahami dalam proses menemukan kesimpulan. Dalam proses mengatur dan manajemen waktu belajar logika memiliki artian penting dalam setiap aspek kehidupan. Manfaat logika mampu mengajarkan manusia untuk tidak secara langsung menganggap benar dan salah suatu tragedi (masalah), belajar untuk menemukan fakta yang mendasarinya dan mengajarkan untuk dapat bersifat jujur terhadap diri sendiri dan orang lain jika hasil atau kesimpulan yang diterima tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Dengan adanya logika ilmiah ini jua maka akal budi manusia dapat bekerja dengan lebih tepat, teliti, mudah, dan aman, sehingga terhindar dari kesesatan berpikir atau setidaknya mengurangi kemungkinannya.

Baca Juga: TIPS MEMBUAT RANGKUMAN MATERI YANG MENARIK

1 komentar untuk “Pentingnya dan Manfaat Logika dalam Kehidupan Sehari – hari”

  1. Pingback: TIPS & TRICK MENGERJAKAN SOAL TPS PENALARAN UMUM

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top