MATERI FISIKA GAYA NORMAL DAN GAYA GERAK

jpg

Gaya normal merupakan sebuah gaya yang dimana bekerja pada benda saat bersentuhan dengan suatu permukaan, dan arahnya juga selalu tegak lurus dengan permukaan tersebut. Nah untuk gaya gesek merupakan gaya yang bekerja akibat adanya sentuhan dari 2 suatu permukaan benda. Dan juga gaya ini biasanya bekerja berlawanan arah dengan arah gerak benda. Yuk simak lebih lengkapnya di bawah.

Berikut Materi Fisika Gaya Normal Dan Gaya Gesek:

Gaya Normal

Yang dimana bekerja pada benda saat bersentuhan dengan suatu permukaan, dan arahnya juga selalu tegak lurus dengan permukaan tersebut. Gaya normal sendiri akan bertindak untuk menjaga benda tetap diam atau berdiri tegak lurus di permukaan tersebut. Dan akan bertindak ke atas dan menyediakan gaya kebalikan yang seimbang.

Rumusnya

Rumus sebenarnya tidak ada, karena gaya normal merupakan reaksi dari gaya berat. Tapi dalam keadaan diam di atas permukaan, gaya ini memiliki besaran yang sama dengan gaya berat. Jadi, rumusnya bisa di nyatakan sebagai: N=W=mxg.

Contoh Dari Gaya Normal Pada Permukaan Horizontal, Vertikal, dan Miring

  • Horizontal

Jika sebuah benda diam di permukaan horizontal, terdapat 2 gaya yang bekerja, yaitu gaya berat dan gaya normal. Ke 2 gaya ini saling berlawanan arah. Pada situasi ini, mempunyai besaran yang sama dengan gaya berat karena tidak ada dorongan ataupun gaya lain yang memengaruhi.

  • Vertikal

Situasi ketika sebuah benda berada pada permukaan, seperti dinding dan papan, cara mencari gaya normal bisa di lakukan dengan mengetahui respons terhadap gaya berat benda yang menariknya ke bawah. Gaya normal pada permukaan vertikal akan bertindak tegak lurus terhadap permukaan ini.

  • Miring

Pada bidang miring bergantung dengan sudut kemiringan permukaan tersebut. Gaya normal masih akan bertindak tegak lurus terhadap permukaan miring. Situasi seperti ini, besaran tidak lagi sama dengan gaya berat benda. Ini akan memiliki besaran yang lebih kecil jika sudut kemiringan permukaan semakin tajam.

Gaya Gesek

Merupakan sebuah gaya yang bekerja akibat adanya sentuhan dari 2 permukaan benda. Dan juga gaya ini biasanya bekerja berlawanan arah dengan arah gerak benda. Dan dapat terjadi karena sentuhan antara permukaan benda dengan bidang lintasan. Maka dari itu ketika benda bergerak, maka akan terbentuk gesekan di antara ke 2 nya.

Jenis Dan Rumusnya

  • Statis

Bekerja saat permukaan dari ke 2 benda bersentuhan tidak saling bergeser. Jadi besarnya gaya statis dapat kita ketahui dari hasil koefisiensi gesek statis dikali dengan gaya normal benda. Rumusnya:( fs=μsxN )

  • Kinetik

Pada jenis gaya ini bekerja saat permukaan benda yang bersentuhan saling bergerak. Kebalikannya dari gaya gesek statis, gaya gesek kinetik berlaku pada suatu benda yang bergerak. Rumusnya:( fk=μkxN )

Baca juga: UNIVERSITAS MUSAMUS MERAUKE

YUK BERKOMPETISI DAN BERPRESTASI

Halo pelajar Indonesia, Ayo uji kompetensimu sekarang juga dengan mengikuti Kompetisi Online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Ada banyak sekali kompetisi nasional dan internasional yang tersedia setiap bulannya hanya di Kompetisi.in.

LEMBAGA PENYELENGGARA LEGAL DAN TERDAFTAR DI KEMENKUMHAM HINGGA PUSPRESNAS

Lembaga penyelenggara kompetisi sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor AHU-0056982-AH.114 Tahun 2020 serta telah terkurasi sistem puspresnas di https://simt.kemdikbud.go.id/kurasi. Kami sudah berpengalaman sejak tahun 2019 dan sudah melahirkan banyak alumni berprestasi di tingkat nasional hingga internasional loh!!. Yuk buruan tunggu apa lagi segera gabung di Kompetisi.in

TEMUKAN MATERI DAN BIMBEL TERUPDATE

Hayo, siapa yang lagi bingung sama materi belajar di sekolah? Yuk belajar materi tambahan secara online di Website Belajaria!. Belajar bisa kapanpun dan dimanapun. Eits, Kalau masih bingung jangan khawatir!. Ada carilesprivat.com dan lesprivatsidoarjo.com yang siap membantu kalian belajar dengan tentor yang kompeten, komunikatif, dan berpengalaman loh!. Tunggu apa lagi? Yuk join sekarang! Ada FREE BIAYA PENDAFTARAN dan FREE SATU BULAN LES juga sebelum kuota terpenuhi. 

PLATFORM KOMPETISI ONLINE PERTAMA DI INDONESIA

Yuk ikuti kompetisi online yang terdaftar dan legal di kompetisinasional.com, olimpiadekita.com, pusatbelajar.online, kompetisionline.comkompetisi.co.idajangjuara.com, dan olimpiade.in pasti deh bakal berkesan dan semangat terus untuk berprestasi!! Yuk daftar di kompetisi.in!

Sumber Gambar: www.google.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top