Mengenal Kelahirannya Pangeran Diponegoro 11 November 1785

jpg,img

Mengenal Kelahirannya Pangeran Diponegoro 11 November 1785. Beliau dengan nama lengkapnya Bendara Pangeran Harya Diponegoro atau yang biasa kita kenal dengan nama atau sebutan Pangeran Diponegoro yang lahir pada tanggal (11 November 1785- 8 Januari 1855) yang merupakan salah satu seorang Pahlawan Nasional Replubik Indonesia, yang menjadi pemimpin pada saat perang Diponegoro terjadi atau bisa disebut Perang Jawa selama kurang lebih yang berperiode tahun 1825 hingga 1830 selama melawan pemerintahan Hindia Belanda.

Pangeran Diponegoro Lahir pada 11 November 1785 Ngayogyakarta Hadiningrat. Dan meninggal pada 8 Januari 1855 diumur 69 tahunnya di Makasar Hindia Belanda. Beliau dimakamakan di daerah Kampung Melayu, Kecamatan Wajo, Makasar, di Provinsi Sulawesi Selatan.

Ayah dari Pangeran Diponegoro yang bernama aslikan Gusti Raden Mas Suraja yang kemudian naik tahta menjadi menjadi atau bergelarkan Sultan Hamengkubuwana 3 dan Ibunya yang bernama R.A Mangkarawati, Istri Pangeran Diponegoro bernamakan Raden Ajeng Ratu Ratna Ningsih.

Pada saat dia pertama dilahirkan ia bernamakan Bendara Raden Mas Mustahar, yang setelah itu diubah menjadi Bendara Raden Mas Antawirya dengan nama islamnya adalah Abdul Hamid. Pangeran Diponegoro berubah lagi namanya pada sat ayah handanya yang naik tahta yang bergelar Sultan Hamengkubuwana yang kemudian nama dari Pangeran Diponegoro diganti menjadi Bendara Pangeran Harya Dipanegara.

Pangeran Diponogoro dikenal sebagi orang yang miliki pribadi yang cerda, suka membaca buku, dan ahli dibidang hukum Islam-Jawa.

Ia lebih memilih tinggal yang berdekatan dengan eyang buyut putrinya yang bernamakan Gusti Kangjeng Ratu Tegalrejo, yang termasuk permaisuri dari Sultan Hamengkubuwana 1 dari pada dia tinggal di keratonnya sendiri, karena dia lebih mementingkan atau tertarik kepada keagamaan dari pada masalah kepemerintahan keraton yang membaur dengan banyak rakyat.

Ya Jadi Itulah Beberapa Pengertian Untuk Mengenal Kelahirannya Pangeran Diponegoro Pada tanggal 10 November 1785 Masa Lampau Lalu, untuk mengenal lebih banyak tentang sejarah yang ada di Indonesia ini Bacalah Artikel yang ada dibawah sini:

Baca Juga: Mengenal Sejarah Hari Pahlawan 10 November 1945.Yuk Simak!!!

1 komentar untuk “Mengenal Kelahirannya Pangeran Diponegoro 11 November 1785”

  1. Pingback: Mengetahui Asal Penyebab Kedatangannya Eropa Ke Indonesia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top