Mengenal Materi Teks Prosedur

jpg

Halo-halo semuanya. Kalian udah pernah mengenal teks prosedur belum?, yah harusnya kalian sudah paham dan mengenal apa itu teks prosedur. Karena teks prosedur sendiri akan dipelajari dari Sekolah Dasar hingga kuliah jurusan bahasa. Teks prosedur berperan penting untuk menjelaskan tahap-tahap melakukan sesuatu secara sistematis untuk masyarakat yang belum mengerti.

Jenis-jenis Teks Prosedur

Ya kira-kira kayak begitu teks prosedur, nah sekarang kira-kira apa aja nih jenis-jenis dari teks prosedur, yuk simak.

Teks Sederhana

Tek prosedur sederhana adalah teks yang berisikan tentang melakukan suatu hal yang sederhana secara bertahap. Contohnya seperti membuat telur goreng, mengikat tali sepatu, memakai baju, dan yang lainnya.

Teks Kompleks

Teks prosedur kompleks ini berisikan tentang melakukan suatu hal yang membutuhkan lebih banyak tahapan, ya bisa dibilang melakukan sesuatu yang rumit seperti memasak gulai kambing, merakit komputer, atau bahkan memperbaiki alat elektronik.

Teks Protokol

Kalau teks prosedur protokol adalah teks yang isi tahapannya bisa diubah tetapi dengan hasil yang sama. Jadi tidak semua tahapan di teks ini harus diikuti, kalau bisa dengan cara lain maka bisa dilakukan tapi dengan hasil yang sama. Tahapan pada teks ini mudah dipahami.

Ciri-ciri Teks Prosedur

Sekarang kita masuk ke ciri-ciri dari teks prosedur

  • Adanya kata kerja (perintah)
  • Adanya kata hubung
  • Adanya kata teknis
  • Menuliskan bahan dan alat yang akan digunakan

Struktur Teks Prosedur

Sekarang masuk ke struktur dari teks prosedur

  • Judul
  • Tujuan (keterangan membuat/melakukan apa)
  • Alat & bahan (detail dan akurat)
  • Langkah-langkah (secara urut)
  • Penutupan (penekanan isi)

Tujuan Teks Prosedur

Kita lanjut langsung ke tujuan dari adanya teks prosedur.

Tujuan dari adanya atau dibuatnya teks prosedur sendiri adalah agar para masyarakat yang belum tau cara melakukan sesuatu, mereka bisa membaca teks prosedur yang mereka butuhkan untuk membantu mereka melakukan apa yang mau mereka lakukan. Gampangnya gini aja, ibu mau memasak soto tapi belum tau cara memasaknya gimana, ibu tinggal membaca teks prosedur cara membuat soto dan si ibu tinggal mengikuti arahan yang ada dalam teks.

Itulah pengenalan dari materi teks prosedur, ternyata teks prosedur ini lebih penting dari yang kita bayangkan. Buat kalian yang sudah membaca semoga bermanfaat untuk kedepannya, terima kasih dan sehat selalu ya.

Baca juga: Tips untuk Meningkatkan Nilai Rapor Kalian

1 komentar untuk “Mengenal Materi Teks Prosedur”

  1. Pingback: Beberapa Kegiatan yang Bisa Kalian Lakukan di Sekolah

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top