Mengenal Sejarah Berdirinya Kopassus

Mengenal Sejarah Berdirinya Kopassus

Sejarah berdirinya Kopassus diawali dengan terjadinya pemberontakan di Maluku pada bulan Juli 1950.
Pemberontakan ini diawali oleh sekelompok orang yang menamakan dirinya Republik Maluku Selatan (RMS).

Saat itu, Pimpinan Angkatan Perang RI segera mengerahkan pasukan untuk menghadapi kelompok tersebut. Letkol Slamet Riyadi menunjuk Panglima Tentara Teritorium III Kolonel A.E. Kawilarang sebagai pemimpin operasi ini.

Meski berhasil menumpas RMS, operasi tersebut memakan korban yang tidak sedikit dari pihak TNI. Setelah dikaji ulang, musuh yang dapat membaca taktik serangan menjadi penyebab banyaknya korban berjatuhan dari kubu TNI. Terlebih, pihak musuh juga memiliki semangat lebih tinggi dan keterampilan menggunakan senjata yang lebih handal.

Peristiwa ini membuat Letkol Slamet Riyadi mempelopori pembentukan satuan khusus. Satuan ini menjadi ujung tombak dalam menumpas beratnya sasaran dalam medan perang. Setelah gugurnya Letkol Slamet Riyadi, gagasan ini dilanjutkan oleh Kolonel A.E. Kawilarang.

Melalui instruksi Panglima Tentara dan Teritorium III No.55/Instrk/PDS/52 tanggal 16 April 1952, Kesatuan Komando Teritorium III yang menjadi cikal bakal Korps Baret Merah terbentuk. Mayor Moch. Idjon Djanbi ditunjuk sebagai komandan pertama. Ia merupakan mantan Kapten KNIL yang pernah bergabung dengan Korps Speciale Troopen dan pernah bertempur dalam perang dunia II.

Dalam perjalanannya, Kopassus telah beberapa kali mengalami pergantian nama, yaitu Resimen Pasukan Komando Angkatan Darat (RPKAD) pada tahun 1952. Selanjutnya diubah menjadi Kesatuan Komando Angkatan Darat (KKAD) pada tahun 1953. Kemudian pada tahun 1955, pasukan khusus ini kembali berganti nama menjadi Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD).

Selang 11 tahun setelahnya, RPKAD berubah menjadi Pusat Pasukan Khusus TNI-AD (Puspasus TNI-AD). Pada tahun 1971, satuan ini berganti menjadi Komando Pasukan Sandhi Yudha (Kopassandha). Akhirnya pada tahun 1985, nama Komando Pasukan Khusus (Kopassus) diusung hingga saat ini.

YUK BERKOMPETISI DAN BERPRESTASI

Halo pelajar Indonesia, Ayo uji kompetensimu sekarang juga dengan mengikuti Kompetisi Online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Ada banyak sekali kompetisi nasional dan internasional yang tersedia setiap bulannya hanya di Kompetisi.in.

LEMBAGA PENYELENGGARA LEGAL DAN TERDAFTAR DI KEMENKUMHAM HINGGA PUSPRESNAS

Lembaga penyelenggara kompetisi sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor AHU-0056982-AH.114 Tahun 2020 serta telah terkurasi sistem puspresnas di https://simt.kemdikbud.go.id/kurasi. Kami sudah berpengalaman sejak tahun 2019 dan sudah melahirkan banyak alumni berprestasi di tingkat nasional hingga internasional loh!!. Yuk buruan tunggu apa lagi segera gabung di Kompetisi.in

TEMUKAN MATERI DAN BIMBEL TERUPDATE

Hayo, siapa yang lagi bingung sama materi belajar di sekolah? Yuk belajar materi tambahan secara online di Website Belajaria!. Belajar bisa kapanpun dan dimanapun. Eits, Kalau masih bingung jangan khawatir!. Ada carilesprivat.com dan lesprivatsidoarjo.com yang siap membantu kalian belajar dengan tentor yang kompeten, komunikatif, dan berpengalaman loh!. Tunggu apa lagi? Yuk join sekarang! Ada FREE BIAYA PENDAFTARAN dan FREE SATU BULAN LES juga sebelum kuota terpenuhi. 

PLATFORM KOMPETISI ONLINE PERTAMA DI INDONESIA

Yuk ikuti kompetisi online yang terdaftar dan legal di kompetisinasional.comolimpiadekita.compusatbelajar.onlinekompetisionline.comkompetisi.co.idajangjuara.com, dan olimpiade.in pasti deh bakal berkesan dan semangat terus untuk berprestasi!! Yuk daftar di kompetisi.in!Navigasi posNavigasi pos

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top