Mengenal Sejarah dan Tujuan Hari Teater Sedunia

Mengenal Sejarah dan Tujuan Hari Teater Sedunia

Apakah kalian menyukai pertunjukan teater? Ataukah kalian merupakan salah satu pemainnya? Kalian mengenal apa itu teater? Berikut ini kita akan membahas tentang sejarah ditetapkannya Hari Teater Sedunia.

World Theatre Day atau dikenal dengan Hari Teater Sedunia dilaksanakan pada setiap 27 Maret di seluruh dunia. Hari tersebut diperingati guna mengingatkan akan pentingnya seni peran, yang dibawa di tengah masyarakat.

Tepat pada tahun ini, Hari Teater ini telah dilaksanakan selama kurang lebih 60 tahun sejak tahun 1961. Hari Teater ini juga diprakarsai oleh Institut Teater Internasional atau disingkat dengan ITI. Jean Cocteau merupakan orang yang pertama kali menuliskan Pesan Hari Teater Sedunia di tahun 1962.

Hari Teater ini juga mempunyai sejumlah tujuan yaitu untuk memberikan sebuah apresiasi serta menyemangati semua jenis teater yang ada di seluruh dunia.

Setelah itu untuk meningkatkan kesadaran pada masyarakat tentang pentingnya teater dengan segala bentuknya, untuk bisa menikmati teater dengan berbagai macam bentuknya.

Tujuan yang lainnya yaitu untuk berbagi kegembiraan teater kepada orang lain serta kesempatan dengan komunitas teater guna mempromosikan karya mereka dengan skala yang besar, hingga pemerintah mengakui serta mendukung nilai juga pentingnya tari dalam segala bentuknya.

Pada peringatannya terdapat banyak sekali hal yang dilakukan oleh para teater disuruh dunia. Mereka menampilkan berbagai macam teater serta dengan berbagai macam juga karakternya yang sudah pasti begitu menarik perhatian.

Pesan untuk tahun ini dibagikan oleh Peter Sellars, Opera, Theater and Festival Director (USA). Sejak tahun 1962 samapi hari ini, ada setidaknya 60 tokoh teater penting yang telah menyumbangkan pemikiran mereka mengenai teater, budaya, serta perdamaian lewat Pesan Hari Teater Sedunia. 

Hari Teater ini juga dirayakan dengan cara global guna mengingatkan semua orang akan semua kekuatan besar yang bisa dihasilkan oleh teater. 

Pada tahun ini, perayaan Hari Teater ini yang akan berfokus dengan kaum muda, generasi yang berikutnya, artis-artis yang baru akan muncul, yang sudah menjadi fokus khusus kuat yang muncul dari ITI pada masa lalu.

Baca juga Tentang Hari Puisi Sedunia 21 Maret

1 komentar untuk “Mengenal Sejarah dan Tujuan Hari Teater Sedunia”

  1. Pingback: Ketahuilah Manfaat Sahur Untuk Kesehatan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top