Mengungkap Genre Musik Favorit Berdasarkan Kepribadian

Genre Musik Berdasarkan Kepribadian

Sudah sejak lama musik dikaitkan dengan psikologi pendengarnya. Beberapa penelitian bahkan menemukan bahwa genre musik yang paling sering didengarkan seseorang berkaitan erat dengan kepribadiannya.

Salah satu studi terbaru berkaitan dengan hal itu adalah penelitian yang dilakukan oleh Profesor Adrian North dari Heriot-Watt University, Edinburgh, Inggris. North adalah seorang ahli ilmu psikologi musik. Selama tiga tahun terakhir seperti dilaporkan situs PsychCentral, North telah melakukan survei terhadap lebih dari 36.000 orang dari 60 negara dengan selera musik yang berbeda-beda. Selera musik tersebut kemudian dihubungkan dengan beberapa aspek kepribadian yang dimiliki oleh para responden.

Hasilnya jenis-jenis musik tertentu memang mewakili sebagian besar tipe karakter. Berikut ini rangkuman dan penjelasannya :

1.Musik Pop

Ed Sheeran Ingin Keluar dari Aliran Musik Pop | Republika Online
Ed Sheeran

Penggemar top 40 pop hits cenderung ekstrovert, jujur, dan konvensional. Meski pecinta musik pop pekerja keras dan memiliki harga diri yang tinggi, peneliti memperkirakan mereka cenderung kurang kreatif dan kurang tenang.

2. Musik Rap dan Hip/Hop

Eminem has still got it (Boston Calling review, setlist)
Eminem

Terlepas dari steriotip bahwa pecinta musik rap lebih agresif atau kejam, para peneliti sebenarnya tidak menemukan hubungan tersebut. Penggemar rap cenerung punya harga diri tinggi dan biasanya ramah.

3. Musik Indie

Fiersa Besari X Kerabat Kerja | Live at Festivaland Semarang… | Flickr
Fiersa Besari

Musik-musik dari aliran indie biasanya berciri non-mainstream. Pecinta musik garapan band-band yang berkarya di luar label perusahaan musik ternama seperti ini biasanya memiliki kreativitas tinggi (dan berbeda). Sayangnya mereka juga dianggap memiliki self respect yang relatif rendah, tidak terlalu pekerja keras, dan kurang sensitif.

4. Musik Jazz

JOOX Live Presents Tulus in Makassar Membuat Penonton 'Meleleh' – KRJOGJA
Tulus

Kamu termasuk penggemar musik jazz? Rajin menonton event-event musik jazz paling akbar di Indonesia? Berarti kamu termasuk satu golongan dengan orang-orang kreatif yang tahu cara menghargai diri sendiri. Para penyuka musik jazz biasanya juga outgoing dan santai.

5. Musik Rock

Linkin Park - live in Camden, New Jersey | Linkin park wallpaper, Linkin  park, Chester bennington
Linkin Park

Biasanya musik rock diidentikkan dengan kekerasan, depresi, drugs, dan hal-hal negatif lainnya. Tetapi tahukah kamu, ternyata hasil survei North menunjukkan kalau para pecinta genre musik ini justru memiliki kepribadian yang cukup sensitif.

Mereka umumnya punya jiwa kreatif dan selow, tetapi memiliki rasa bangga yang rendah terhadap diri sendiri, kurang suka bekerja keras, dan sedikit sulit bersosialisasi.

6. Musik Klasik

Sejarah Komposer Piano Terkenal - Blog Petrof Piano
Mozart

Diam-diam hobi mendengarkan melodi-melodi klasik gubahan maestro lama macam Beethoven, Bach, dan Mozart? Itu bukan berarti kamu punya selera tua, kok.

Menurut hasil penelitian ini, para penggemar musik klasik itu termasuk orang yang punya harga diri tinggi dan kreatif, tetapi memang sedikit introvert atau tertutup kepada lingkungan sekitarnya.

7. Musik EDM

Alan Walker "The Spectre Live" Disco Tropics 2018 - YouTube
Alan Walker

EDM, IDM, dubstep, atau trip hop termasuk genre musik yang paling sering diputar di akun Spotify milikmu? Sesuai dengan ritme-nya yang menghentak dan membangkitkan semangat, musik ini biasanya sengaja dipilih oleh orang-orang yang hobi berinteraksi dalam pergaulan dan punya kreativitas tinggi.

Tetapi biasanya para penggila musik dance juga kurang lembut. Orangnya cenderung lugas.

Itulah analisis tipe-tipe kepribadian menurut selera musik sesuai dengan hasil penelitian Prof. Adrian North. Termasuk tipe yang manakah kamu?

Baca Juga:7 Prodi Favorit Anak IPA!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top