Momen Unik Lebaran Idul Fitri di Indonesia

Momen Unik Lebaran Idul Fitri di Indonesia

Baju baru Alhamdulillah, untuk dipakai saat hari raya, tidak punya tidak menjadi masalah, masih ada baju yang lama. Tidak asing dengan kalimat ini bukan dan pastinya ditujukan pada bulan ramadhan.

Kurang hitungan Minggu kita akan menyambut perayaan hari kemenangan bagi seluruh umat Muslim dan pasti akan sangat disambut dengan begitu antusias. Berikut ini adalah beberapa momen unik lebaran di Indonesia, simak apa saja diantaranya?

Membeli pakaian baru

Salah satu bentuk antusiasme dari masyarakat Indonesia menyambut IdulFitri yaitu dengan membeli baju baru. Baju baru juga wajib di pakai pada saat salat id. Bahkan tidak hanya baju yang harus baru, namun juga mukena yang digunakan untuk salat wanita juga harus baru.

Para perantau pulang kampung

Pulang kampung merupakan tradisi yang tak berkesudahan di setiap tahun saat momen IdulFitri telah tiba. Perantau yang sedang bekerja di kota besar misalnya Jakarta juga turut memeriahkan momen lebaran ini.

Sebagian besar para perantau pulang kampung maupun yang biasanya di kenal dengan istilah pulkam yaitu untuk merayakan momen IdulFitri di kampung halaman tempat dimana mereka lahir, guna bertemu dengan orang tua, sanak saudara, teman, kerabat dan lainnya.

Sungkeman setelah melaksanakan salat Ied

IdulFitri tiba, merupakan momen yang dinanti-nanti. Di balik bertemunya sanak keluarga, sungkeman juga menjadi tradisi yang wajib untuk dilakukan. Sebagai tanda untuk saling bermaafan, anak-anak kepada orangtuanya, keponakan kepada paman, tante, nenek serta kakek dan juga kepada kerabat lainnya. Sungkeman ini juga menjadi sebuah momen sakral yang wajib dilakukan oleh semua orang.

Tersedia kue kering di meja tamu

Tradisi lebaran yang tak akan lekang oleh waktu pada setiap daerah di Indonesia juga salah satunya yaitu dengan tersedianya kue kering di meja tamu. Kue kering misalnya seperti lidah kucing, nastar, putri salju, kue kacang juga wajib hadir di setiap momen lebaran juga tersedia di meja tamu.

Membuat ketupat dan opor ayam

Lebaran merupakan momen yang begitu istimewa bagi seluruh umat muslim, terlebih lagi saat lebaran IdulFitri. Di sinilah momen yang paling dinantikan oleh 90 persen penduduk di Indonesia, waktu yang sangat tepat untuk bertemu oleh sanak saudara. Dan inilah momen di mana makanan juga di buat begitu istimewa berbeda dengan hari-hari yang biasanya.

Baca juga Mengenal Sejarah dan Tujuan Hari Teater Sedunia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top