ORGAN TUMBUHAN DAN HEWAN YANG PERLU DIKETAHUI

JPG

Dalam ilmu hayat, organ adalah lapisan yang menjalankan fungsi yang sama. Kehidupan hewan dan tumbuhan bersumber pada beberapa organ yang berkolaborasi sama dalam wujud sistem organ tubuh.

PENGERTIAN

Secara bahasa, stroma dan parenkim ialah lapisan yang dapat membangun organ. Lapisan Parenkim adalah lapisan yang khas dalam organ tubuh yang dapat membangun pola pokok organ, serta dapat melaksanakan fungsi dari organ tersebut, sedangkan yang di maksud Stroma yaitu lapisan yang menjalankan fungsi struktural, pendukung, tambahan, atau pengikat.

Misalnya, dalam corak organ kelenjar lapisan yang menciptakan hormon ialah parenkim, sedangkan stroma melingkup lapisan saraf yang menginervasi parenkim, pembuluh darah yang menyuplai oksigen dan memberi nutrisi serta membawa limbah metaboliknya, di tambah jaringan ikat yang menyediakan tempat yang sama dalam tubuh untuk menjaga kedudukannya. Lapisan primer yang membangun sebuah organ condong mempunyai aluran embriologis atau pertumbuhanyang sama.

Contoh dari organ hewan adalah paru-paru, otak, lambung, mata, jantung, pankreas, hati, usus, uterus, dan kulit. Sedangkan Organ tumbuhan meliputi batang, daun, buah , akar, dan bunga.

Hewan
Hewan yang non-Placozoa contohnya manusia yang memiliki bebrapa macam organ tubuh. Walaupun ada pendapat mengenai keterangan dan banyak organ tubuh yang dimiliki oleh manusia.

5 contoh organ yang ada pada tubuh manusia yaitu :

  • Sistem saraf: otak besar, otak kecil, sumsum tulang belakang, batang otak.
  • Organ di bagian wajah: mata, hidung, mulut, telinga, kelenjar liur, lidah, kelenjar air mata.
  • Dada: jantung, esofagus, kelenjar tiroid, dan timus.
  • Perut: lambung, hati, usus halus, usus besar, anus, anus, limpa, pankreas, ginjal, dan ureter.
  • Genitalia eksternal dan pelvis : kandung kemih, ovarium, oretra, rahim, testis, vagina, dan penis, Kulit

Tumbuhan
Tumbuhan yang mempunyai tingkat rendah tidak akan memiliki perbedaan organ, cuma terkadang satu macam organ, yang di sebut talus. Pada tumbuhan yang berpembuluh, kelompok sistem organ biasanya meliputi beberapa bagian yang saling bertumpukkan fungsinya.

Baca juga : SEJARAH SINGKAT LAHIRNYA PANCASILA

YUK IKUTAN KOMPETISI ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI!!!

Yuk, ikuti kompetisi online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Mari kita hadapi kompetisi dengan semangat kompetitif yang sehat dan berusaha mencapai hasil terbaik. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan pengakuan dan penghargaan atas prestasi Anda di Kompetisi Online Terspektakuler dari Beelajar.com Kompetisi.co.id, Olimpiadekita.com, AjangJuara.com, KompetisiNasional.comCarilesprivat.com, dan PT. HARMONI KREASI DIGITAL. Bergabunglah dalam kompetisi online, dan mari terus belajar, tumbuh, dan meraih kesuksesan bersama!

1 komentar untuk “ORGAN TUMBUHAN DAN HEWAN YANG PERLU DIKETAHUI”

  1. Pingback: CARA MENGHAFAL DENGAN CEPAT

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top