PELAJARI MATERI DIBAWAH INI TENTANG TEKS NARATIF

jpg

Teks naratif adalah jenis teks yang bertujuan menceritakan suatu cerita atau kejadian dengan urutan waktu tertentu. Jenis teks ini biasanya mengandung unsur intrinsik seperti tokoh, setting, plot, konflik, dan resolusi. Selain unsur-unsur tersebut, teks naratif juga dapat memiliki teknik penceritaan yang beragam, seperti gaya bahasa, sudut pandang naratif, dan penggunaan alur maju atau mundur. Penulis menggunakan teknik-teknik ini untuk menciptakan efek tertentu pada pembaca dan mengarahkan perhatian mereka ke aspek-aspek tertentu dari cerita.

Berikut adalah beberapa unsur utama dalam teks naratif:

Tokoh (Character):

Tokoh adalah orang, hewan, atau makhluk fiksi lainnya yang terlibat dalam cerita. Mereka memiliki peran tertentu dalam alur cerita dan biasanya memiliki karakteristik yang unik, seperti sifat, motivasi, dan konflik internal. Contoh tokoh bisa berupa pahlawan, penjahat, atau karakter pendukung.

Setting (Setting):

Setting mengacu pada waktu dan juga tempat yang di mana cerita itu berlangsung. Hal ini mencakup deskripsi tempat, suasana, kondisi sosial, budaya, dan politik yang memengaruhi cerita. Setting yang baik dapat membantu pembaca memahami konteks cerita dan mengaitkan peristiwa dengan latar belakang yang relevan.

Plot (Plot):

Plot adalah urutan peristiwa yang terjadi dalam cerita. Ini mencakup awal cerita, konflik utama, perkembangan cerita, puncak konflik, dan penyelesaian akhir. Plot memberikan struktur cerita dan membuat pembaca terlibat dalam alur yang berkembang.

Konflik (Conflict):

Konflik adalah masalah atau hambatan yang di hadapi oleh tokoh utama dalam cerita. Selain itu Konflik bisa berupa pertarungan fisik, konflik emosional, atau di lema moral. Konflik mendorong perkembangan karakter dan menjaga ketegangan dalam cerita.

Resolusi (Resolution):

Resolusi adalah penyelesaian dari konflik dalam cerita. Ini bisa berupa penyelesaian yang memuaskan atau tidak memuaskan, tergantung pada jenis cerita dan pesan yang ingin disampaikan oleh penulis. Resolusi memberikan pembaca kepuasan atau refleksi atas apa yang telah terjadi dalam cerita.

Baca juga: MERAYAKAN KREATIVITAS TEATER DI HARI TEATER INTERNASIONAL

YUK BERKOMPETISI DAN BERPRESTASI

Halo pelajar Indonesia, Ayo uji kompetensimu sekarang juga dengan mengikuti Kompetisi Online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Ada banyak sekali kompetisi nasional dan internasional yang tersedia setiap bulannya hanya di Kompetisi.in.

LEMBAGA PENYELENGGARA LEGAL DAN TERDAFTAR DI KEMENKUMHAM HINGGA PUSPRESNAS

Lembaga penyelenggara kompetisi sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor AHU-0056982-AH.114 Tahun 2020 serta telah terkurasi sistem puspresnas di https://simt.kemdikbud.go.id/kurasi. Kami sudah berpengalaman sejak tahun 2019 dan sudah melahirkan banyak alumni berprestasi di tingkat nasional hingga internasional loh!!. Yuk buruan tunggu apa lagi segera gabung di Kompetisi.in

TEMUKAN MATERI DAN BIMBEL TERUPDATE

Hayo, siapa yang lagi bingung sama materi belajar di sekolah? Yuk belajar materi tambahan secara online di Website Belajaria!. Belajar bisa kapanpun dan dimanapun. Eits, Kalau masih bingung jangan khawatir!. Ada carilesprivat.com dan lesprivatsidoarjo.com yang siap membantu kalian belajar dengan tentor yang kompeten, komunikatif, dan berpengalaman loh!. Tunggu apa lagi? Yuk join sekarang! Ada FREE BIAYA PENDAFTARAN dan FREE SATU BULAN LES juga sebelum kuota terpenuhi. 

PLATFORM KOMPETISI ONLINE PERTAMA DI INDONESIA

Yuk ikuti kompetisi online yang terdaftar dan legal di kompetisinasional.com, olimpiadekita.com, pusatbelajar.online, kompetisionline.com, kompetisi.co.id, ajangjuara.com, dan olimpiade.in pasti deh bakal berkesan dan semangat terus untuk berprestasi!! Yuk daftar di kompetisi.in!Navigasi posNavigasi pos

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top