PELAJARI MATERI SISTEM KETATANEGARAAN

jpg

Sistem ketatanegaraan merujuk pada struktur dan organisasi suatu negara, termasuk prinsip-prinsip dasar, kebijakan, dan hukum yang mengatur hubungan antara pemerintah dan warganya. Setiap negara memiliki sistem ketatanegaraan yang unik, tergantung pada sejarah, budaya, dan nilai-nilai masyarakatnya.

Berikut terdapat materi dan latihan soal tentang sistem ketatanegaraan :

Pengertian Sistem Ketatanegaraan

Sistem ketatanegaraan merujuk pada susunan atau struktur organisasi pemerintahan dalam suatu negara, yang mencakup pembagian kekuasaan, fungsi, serta hubungan antarlembaga pemerintahan. Sistem ketatanegaraan juga mencakup prinsip-prinsip dasar dan norma-norma yang mengatur hubungan antara pemerintah dan warganegara, serta antarwarganegara.

Jenis Jenis

Monarki Absolut:

Pemimpin tunggal (raja atau ratu) memiliki kekuasaan mutlak dan otoritas penuh dalam mengambil keputusan tanpa pembatasan dari lembaga pemerintahan lainnya.

Monarki Konstitusional:

Meskipun ada seorang raja atau ratu sebagai kepala negara, kekuasaannya dibatasi oleh konstitusi atau hukum tertulis. Keputusan-keputusan tertentu memerlukan persetujuan dari badan legislatif atau lembaga lainnya.

Republik Parlementer:

Negara ini memiliki seorang presiden atau kepala negara yang terpilih dan seorang perdana menteri yang merupakan kepala pemerintahan. Kedua jabatan ini bisa dipegang oleh orang yang berbeda atau oleh orang yang sama.

Republik Presidensial:

Negara ini memiliki seorang presiden yang terpilih sebagai kepala negara dan pemerintahan. Presiden memiliki kekuasaan eksekutif yang kuat dan biasanya dipilih secara terpisah dari badan legislatif.

Sistem Federasi:

Negara ini terdiri dari unit-unit otonom (negara bagian atau provinsi) yang memiliki otonomi tertentu dan pemerintahan sendiri. Pusat pemerintahan (pemerintah federal) dan unit-unit otonom berbagi kekuasaan sesuai dengan konstitusi.

Sistem Ketatanegaraan

Ketatanegaraan Menurut Bentuk Pemerintahan:

Monarki: Negara yang dipimpin oleh seorang raja atau ratu. Monarki dapat bersifat absolut, konstitusional, atau parlementer.
Republik: Negara yang kepala negaranya adalah seorang presiden atau kepala negara lainnya, dan kekuasaan berasal dari suara rakyat atau badan perwakilan.

Ketatanegaraan Menurut Pembagian Kekuasaan:

Presidensial: Sistem di mana eksekutif (presiden) dipilih secara terpisah dari legislatif (parlemen) dan memiliki kewenangan eksekutif yang independen.
Parlementer: Sistem di mana kepala pemerintahan (misalnya, perdana menteri) berasal dari lembaga legislatif dan bertanggung jawab kepada parlemen.

Ketatanegaraan Menurut Pembagian Wilayah:

Unitaris: Negara yang kekuasaan tertinggi terpusat pada pemerintah pusat, dan daerah-daerah otonom mendapatkan kekuasaan dari pusat.
Federal: Negara yang kekuasaan dibagi antara pemerintah pusat dan entitas-entitas daerah otonom. Entitas daerah memiliki otonomi tertentu.

Ketatanegaraan Menurut Sumber Kedaulatan:

Demokrasi: Kedaulatan rakyat adalah prinsip utama, dan warganegara memiliki hak untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan politik.
Otoriter: Kekuasaan dikonsentrasikan pada satu otoritas pusat, seringkali dengan keterlibatan rakyat yang lebih terbatas dalam proses politik.

Ketatanegaraan Menurut Sistem Hukum:

Common Law: Berdasarkan preseden dan keputusan pengadilan sebelumnya.
Civil Law: Berdasarkan kode hukum tertulis yang diadopsi oleh negara.

Ketatanegaraan Menurut Hak Asasi Manusia:

Negara Hukum: Negara yang berdasarkan aturan hukum dan mengakui dan melindungi hak-hak asasi manusia.
Negara Tak Hukum: Negara yang kekuasaannya tidak terbatas oleh hukum dan mungkin melanggar hak asasi manusia.

Baca juga : Sejarah dan Tujuan Hari Gizi Nasional 25 Januari 2024

YUK BERKOMPETISI DAN BERPRESTASI

Halo pelajar Indonesia, Ayo uji kompetensimu sekarang juga dengan mengikuti Kompetisi Online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Ada banyak sekali kompetisi nasional dan internasional yang tersedia setiap bulannya hanya di Kompetisi.in.

LEMBAGA PENYELENGGARA LEGAL DAN TERDAFTAR DI KEMENKUMHAM HINGGA PUSPRESNAS

Lembaga penyelenggara kompetisi sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor AHU-0056982-AH.114 Tahun 2020 serta telah terkurasi sistem puspresnas di https://simt.kemdikbud.go.id/kurasi. Kami sudah berpengalaman sejak tahun 2019 dan sudah melahirkan banyak alumni berprestasi di tingkat nasional hingga internasional loh!!. Yuk buruan tunggu apa lagi segera gabung di Kompetisi.in

TEMUKAN MATERI DAN BIMBEL TERUPDATE

Hayo, siapa yang lagi bingung sama materi belajar di sekolah? Yuk belajar materi tambahan secara online di Website Belajaria!. Belajar bisa kapanpun dan dimanapun. Eits, Kalau masih bingung jangan khawatir!. Ada carilesprivat.com dan lesprivatsidoarjo.com yang siap membantu kalian belajar dengan tentor yang kompeten, komunikatif, dan berpengalaman loh!. Tunggu apa lagi? Yuk join sekarang! Ada FREE BIAYA PENDAFTARAN dan FREE SATU BULAN LES juga sebelum kuota terpenuhi. 

PLATFORM KOMPETISI ONLINE PERTAMA DI INDONESIA

Yuk ikuti kompetisi online yang terdaftar dan legal di kompetisinasional.com, olimpiadekita.com, pusatbelajar.online, kompetisionline.com, kompetisi.co.id, ajangjuara.com, dan olimpiade.in pasti deh bakal berkesan dan semangat terus untuk berprestasi!! Yuk daftar di kompetisi.in!Navigasi pos

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top