Pentingnya Pendidikan Orang Tua

Peran orang tua saat pendidikan anak memanglah akan berkembang dengan seiring bertambahnya usia anak. Contohnya, saat masuk pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi, anak umumnya lebih bisa belajar sendiri tanpa harus didampingi, seperti saat SD. Tetapi, sikap orang tua kepada pendidikan bisa menginspirasi serta memberdayakan anak-anak pada saat mereka menempuh pendidikannya. 

Jadi, saat penting bagi orang tua untuk terlibat secara aktif pada pendidikan anak-anaknya. Tapi, bukan berarti memonopoli serta mengatur semua hal tanpa adanya pertimbangan pendapat dari anaknya. Peran orang tua dalam pendidikan anak yang dimaksudkan yaiu bagaimana orang tua mendukung serta memastikan anaknya bisa menerima dan menjalani pendidikan yang berkualitas. 

Orang tua perlu agar bisa membuat anak menyadari bahwa belajar merupakan hal yang penting, menyenangkan, serta harus dilakukan. Pada usia prasekolah, anak akan lebih bergantung pada orang tua, hingga ia akan mendengarkan juga menerima arahan orangtuanya dalam segala hal yang akan ia lakukan. Maka dari itu, orang tua perlu mengarahkan anak pada hal-hal yang baik.

Memastikan Anak Sehat dan Siap Menerima Pelajaran

Agar bisa menerima banyaknya materi yang diajarkan di sekolah, kondisi tubuh pada anak harus prima. Siapakah yang akan memastikan hal tersebut?  Sudah tentunya pasti, orang tua. Memastikan anak cukup tidur pada malam hari, makan makanan yang bergizi, serta membekalinya makan dan minum yang cukup untuk di sekolah. 

Jika kesehatan anak optimal, pelajaran yang dijalaninya saat sekolah pasti akan jadi lebih lancar.

Menjalin Komunikasi dengan Anak

Orang tua tentu tidak akan tahu apa yang terjadi pada anak saat berada di sekolah. Jadi, saat ia pulang, jangan lupa untuk mengajaknya berbicara santai. Tanyakan padanya apa saja yang terjadi di sekolah tadi, apakah ada suatu hal buruk yang terjadi, atau apakah ada sesuatu yang menyenangkan.

Lakukan Kontak Rutin dengan Guru

Selain mendengarkan pada sisi anak, cobalah untuk lakukan kontak rutin dengan guru, untuk menanyakan tentang perkembangan anak di sekolah. Apakah ada masalah yang tidak kamu ketahui, atau bisa seperti apa kemampuan anak menyerap materi yang disampaikan guru. 

Jika orang tua akan menjalin komunikasi yang baik dengan guru, dan dalam hal ini juga bermanfaat untuk mencari tahu perubahan atau jadwal acara yang ada saat sekolah. Karena, ada kalanya anak lupa untuk memberitahu jadwal ujian, rapat wali murid, atau acara penting lainnya.

Kurang lebih seperti itulah pentingnya peran dari orang tua kepada anaknya. Karena pendidikan yang paling dasar adalah dari orang tua. Orang tua sangat berpengaruh kepada anaknya.

Baca juga Sebelum Nama Sidoarjo yaitu Sidokere

1 komentar untuk “Pentingnya Pendidikan Orang Tua”

  1. Pingback: Senangnya Belajar Pantun

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top