Penyebab Terjadinya Perang Dunia Pertama

Perang Dunia I terjadi di Eropa yang dimulai pada  tahun 1914 serta berakhir pada tahun 1918. Salah satu faktor utama yang menjadi penyebab peperangan dari beberapa negara Barat ini dipicu dari persaingan industri serta militer diantara Jerman dengan Britania Raya.

Negara-negara tersebut yang selanjutnya merasa  memerlukan teman pada saat berhadapan dengan musuh pada akhirnya membangun kubu-kubu. Pada saat itu, terdapat dua kubu yang saling berhadapan, yaitu Triple Alliance dan Triple Entent.

Perang Dunia I akhirnya meledak 0ada saat putra mahkota Austro-Hongaria, Franz Ferdinand, telah terbunuh. Hal tersebut menyebabkan pihak Austro-Hongaria yang bersama dengan Triple Alliance melakukan sebuah serangan kepada Prancis. Dalang di balik peristiwa itu diduga dimotori oleh Serbia.

Britania Raya yang tengah berusaha untuk mendamaikan melalui dialog ternyata juga kalah suara dengan Jerman, dan sedangkan Austro-Hongaria di pihak lain ingin melakukan sebuah berperang. Jerman bersama dengan Austro-Hongaria melancarkan aksi penyerangan nya ke Belgia yang terikat dengan perjanjian antara Prancis dan Britania Raya.

Hal tersebut menjadi pemicu Prancis dan Britania Raya yang akhirnya harus mau untuk ikut serta pada perang. Pada 1915, Italia membelot ke Triple Entente serta meninggalkan Triple Alliance dikarenkana mereka menjanjikan  mendapat wilayah Dalmatia yang pada saat itu diduduki oleh Austro-Hongaria.

Kemudian, Turki Usmani pun memutuskan untuk bergabung dengan Triple Alliance dikarenakan merasa memiliki musuh yang sama, yaitu dengan Kekaisaran Rusia. Dengan hal tersebut, Perang Dunia I melibatkan dua kubu aliansi, yaitu Triple Alliance yang dimotori oleh Jerman, Austro-Hongaria, Turki Usmani, serta Bulgaria, melawan Triple Entente yang dimotori oleh Britania Raya, Kekaisaran Rusia, Prancis, Italia, serta beberapa negara yang lainnya.

Perang ini pada akhirnya meluas sampai melibatkan Amerika Serikat. Amerika mengecam tentang tragedi tenggelamnya Kapal Lusitania yang pada 1915 yang di dalamnya ada warga dari negaranya. Kapal itu ternyata tenggelam dikarenakan ulah serangan yang berasal dari Jerman.

Amerika akhirnya ikut turun ke dalam peperangan dengan merapat ke Triple Entente. Kekaisaran Rusia yang ternyata memilih menarik diri pada saat berada di tengah peperangan, tepatnya pada tanggal 1917. Penarikan diri ini dikarenakan oleh situasi negaranya yang tidak kondusif.

Pada tahun 1918, muncul Perjanjian Brest-Litovsk yang berisikan tentang pernyataan bahwa Kekaisaran Rusia lepas tangan dari Perang Dunia I. Kemudian, terjadi “Serangan Seratus Hari” pada tahun 1918 yang diluncurkan oleh kubu Triple Entente. Garis pertahanan dari Jerman di Front Barat menerima serangan yang hebat.

Jerman pun pada akhirnya menyerah. Pernyataan kekalahan itu pada akhirnya diikuti oleh beberapa negara lain yang tergabung dengan Triple Alliance. Bulgaria, Turki Usmani, dan Austro-Hongaria yang secara bergiliran telah mengibarkan bendera putih. Perang Dunia I pun akhirnya resmi berhenti pada 11 November 1918.

Baca juga Tentang Zaman Neolitikum

1 komentar untuk “Penyebab Terjadinya Perang Dunia Pertama”

  1. Pingback: Keseruan saat Menjadi Anggota Pramuka

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top