Sederet Aktifitas yang Bisa Meningkatkan IQ

IQ atau tingkat kecerdasan seseorang dipengaruhi beberapa faktor, seperti faktor genetik, pola asuh, asupan nutrisi, kondisi kesehatan, dan riwayat pendidikan. Skor dari IQ bukanlah nilai tetap, nilai tersebut bisa saja berubah seiring bertumbuhnya dewasa.

Untuk bisa meningkatkan IQ, berikut ini beberapa cara yang bisa kalian lakukan sebagai berikut :

Melatih otak melalui permainan

Cara pertama meningkatkan IQ yaitu dengan melakukan permainan yang bisa mengasah otak, contihnya teka-teki silang, puzzle, atau sudoku. Aktivitas itu dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan dengan cara melatih daya ingat kita juga keterampilan bernalar dan berbahasa.

Memainkan alat musik

Cara kedua meningkatkan IQ yaitu bisa belajar bermain alat musik. Menurut para peneliti, memainkan alat musik bisa melatih kemampuan sensoris juga berpikir, persepsi pendengaran, koordinasi fisik, bahkan daya ingat kalian.

Mempelajari bahasa asing

Cara yang ketiga yaitu dengan mempelajari bahasa asing, yang ternyata tidak hanya memudahkan kalian saat bepergian ke luar negeri ataupun saat mendengar lagu dan menonton film asing. Memperkenalkan anak dengan bahasa asing sejak dini, bisa mendukung perkembangan otak juga meningkatkan kecerdasannya.

Hal ini sudah dibuktikan di beberapa studi yang menyatakan jika orang yang bilingual terlihat mempunyai IQ dan kemampuan belajar yang lebih baik dari pada orang-orang yang hanya bisa berkomunikasi memakai 1 bahasa saja.

Membaca buku

Saat kalian membaca buku, kalian akan mencoba mengikuti alur ceritanya, membayangkan kejadiannya, memahami, dan mengambil kesimpulan dari apa yang telah kalian baca.

Tidak bisa disangkal, aktivitas ini menjadi salah satu cara klasik sebagai cara melatih kemampuan berpikir, penambah wawasan, juga menjaga kesehatan dan fungsi otak.

Mengonsumsi makanan yang bergizi

Cara yang kelima yaitu dengan makanan bernutrisi yang juga bisa kalian lakukan untuk meningkatkan IQ. Pilihlah beragam jenis makanan yang mengandung protein, mineral, vitamin dan lain sebagainya.

Berbagai kandungan itu dinilai bisa menjaga dan mendukung fungsi otak. Beragam nutrisi itu bisa diperoleh melalui makanan dan minuman tertentu, misalnya makanan laut, kacang-kacangan, telur, berbagai buah dan sayuran, serta teh dan cokelat.

Mencukupi waktu istirahat

Cara keenam yaitu dengan beristirahat yang cukup setidaknya 7–9 jam setiap harinya dan  penting untuk mendukung fungsi otak agar bisa bekerja secara dengan optimal.

Ketika kalian tidur, otak akan memperkuat memori di berbagai hal yang kalian alami disepanjang hari dan mempersiapkan diri untuk mempelajari informasi baru saat kalian bangun nanti.

Melakukan olahraga secara rutin

Tidak hanya sebagai penyehat tubuh, berolahraga dengan rutin juga menjadi salah satu cara meningkatkan IQ dan fungsi otak. Olahraga bisa meningkatkan daya ingat juga menjaga aliran darah pada otak agar tetap lancar, hingga sel saraf dan jaringan otak bisa tetap sehat.

Untuk meningkatkan IQ kalian serta menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, kalian bisa berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu, selama sekitar 30 menit di setiap harinya.

Baca juga Keunikan pada Pulau Kalimantan

1 komentar untuk “Sederet Aktifitas yang Bisa Meningkatkan IQ”

  1. Pingback: Resiko Tidak Pernah Mengasah Kemampuan Otak

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top