Sejarah dan Tujuan Hari Gizi Nasional 25 Januari 2024

Sejarah Hari Gizi Nasional 25 Januari 2024

Tanggal 25 Januari biasa diperingati sebagai Hari Gizi Nasional. Tepat di momen Hari Gizi Nasional 2024 ada baiknya kita mengetahui sejarah bagaimana asal-usul peringatan Hari Gizi Nasional, tujuan, hingga tema peringatan tahun ini.

Pada tahun 1950, Menteri Kesehatan RI, Laksamana (Tit.) Dr. Johannes Leimena menunjuk Prof. Poorwo Soedarmo untuk mengepalai Lembaga Makanan Rakyat (LMR). Sebuah lembaga yang menginduk pada Lembaga Penelitian Kesehatan.

Dahulu, LMR dikenal sebagai Instituut Voor Volksvoeding (IVV) yang merupakan bagian dari Lembaga Penelitian Kesehatan.

Prof. Poorwo Soedarmo yang dikenal sebagai Bapak Gizi Indonesia, melalui lembaga yang dipimpinnya, lalu mengadakan pengkaderan tenaga gizi Indonesia. Pengkaderan itu dimulai pada 25 Januari 1951.

“Kemudian disepakati bahwa tanggal 25 Januari di peringati sebagai Hari Gizi Nasional Indonesia,” tulis situs resmi Kementerian Kesehatan RI, sehatnegeriku.kemkes.go.id.

Peringatan Hari Gizi Nasional yang pertama kali diselenggarakan LMR pada tahun 1960. Pijakan itu menjadi dasar bagi Direktorat Gizi Masyarakat yang mulai tahun 1970 memperingati hari tersebut.

Tahun 2024, Hari Gizi Nasional menginjak tahun ke-64, terhitung dari peringatan pertama oleh LMR tahun 1960.

Tujuan

Hari Gizi Nasional diperingati tak lain adalah untuk meraih kepedulian dari berbagai pihak. Lebih jauh, diharapkan munculnya komitmen bersama untuk membangun perbaikan gizi menuju bangsa sehat berprestasi.

“Menjelang berakhirnya periode RPJMN 2015-2019, Indonesia mengalami perbaikan dalam hal prevalensi masalah gizi khususnya prevalensi gizi kurang dan hindering,”

“Berdasarkan Riskesdas 2013-2018, meskipun prevalensinya masih tinggi dan di atas ambang batas WHO masalah Kesehatan Masyarakat, prevalensi gizi kurang dan hindering menurun berturut-turut dari 19.6% menjadi 17.7n dari 37.2% menjadi 30.8%,” tulis laman resmi Dinkes Yogyakarta.

YUK BERKOMPETISI DAN BERPRESTASI

Halo pelajar Indonesia, Ayo uji kompetensimu sekarang juga dengan mengikuti Kompetisi Online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Ada banyak sekali kompetisi nasional dan internasional yang tersedia setiap bulannya hanya di Kompetisi.in.

LEMBAGA PENYELENGGARA LEGAL DAN TERDAFTAR DI KEMENKUMHAM HINGGA PUSPRESNAS

Lembaga penyelenggara kompetisi sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor AHU-0056982-AH.114 Tahun 2020 serta telah terkurasi sistem puspresnas di https://simt.kemdikbud.go.id/kurasi. Kami sudah berpengalaman sejak tahun 2019 dan sudah melahirkan banyak alumni berprestasi di tingkat nasional hingga internasional loh!!. Yuk buruan tunggu apa lagi segera gabung di Kompetisi.in

TEMUKAN MATERI DAN BIMBEL TERUPDATE

Hayo, siapa yang lagi bingung sama materi belajar di sekolah? Yuk belajar materi tambahan secara online di Website Belajaria!. Belajar bisa kapanpun dan dimanapun. Eits, Kalau masih bingung jangan khawatir!. Ada carilesprivat.com dan lesprivatsidoarjo.com yang siap membantu kalian belajar dengan tentor yang kompeten, komunikatif, dan berpengalaman loh!. Tunggu apa lagi? Yuk join sekarang! Ada FREE BIAYA PENDAFTARAN dan FREE SATU BULAN LES juga sebelum kuota terpenuhi. 

PLATFORM KOMPETISI ONLINE PERTAMA DI INDONESIA

Yuk ikuti kompetisi online yang terdaftar dan legal di kompetisinasional.comolimpiadekita.compusatbelajar.onlinekompetisionline.comkompetisi.co.idajangjuara.com, dan olimpiade.in pasti deh bakal berkesan dan semangat terus untuk berprestasi!! Yuk daftar di kompetisi.in!Navigasi pos

1 komentar untuk “Sejarah dan Tujuan Hari Gizi Nasional 25 Januari 2024”

  1. Pingback: PELAJARI MATERI SISTEM KETATANEGARAAN - Ajang Juara - Portal Kompetisi dan Olimpiade Online

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top