Sejarah Memperingati Hari Korps Wanita Angkatan Laut ke-61

Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal)

Hari Korps Angkatan Laut Wanita (Kowal) diperingati pada tanggal 5 Januari setiap tahun. Kowal juga merupakan anggota TNI Angkatan Laut.

Sejarah

Menurut situs resmi Kabupaten Asahan, gagasan Korps Angkatan Laut Wanita pertama kali muncul setelah berdirinya TNI Angkatan Laut pada awal kemerdekaan. Lebih tepatnya, tahun 1960-an.

Ide pembentukan korps putri angkatan laut pertama kali dikemukakan oleh Laksamana Jos Sudarso. Ide tersebut kemudian diterima oleh Panglima Angkatan Laut, Laksamana RE Martadinata.

Dua tahun kemudian, pada tanggal 26 Juni 1962, Laksamana Malta Dinata TNI mengeluarkan dekrit pembentukan Kowar. Surat Nomor 5401. 24 tanggal 26 Juni 1962 tentang pembentukan Kowal menyatakan adanya perintah untuk memberikan hak, tugas dan kehormatan kepada perempuan Indonesia yang hendak masuk militer.

Alasan ditetapkannya tanggal 5 Januari sebagai Hari Kowal, bukan tanggal 26 Juni, adalah karena Kowal angkatan pertama dilaksanakan pada tanggal 5 Januari 1963 di Markas Besar Angkatan Laut Jalan Gunung Sahari 67.

didasarkan pada sejarah peresmiannya Acara tersebut diadakan di Jakarta. Berdasarkan inisiasi tersebut, hari berikutnya ditetapkan sehingga Kowal jatuh pada tanggal 5 Januari.

Menurut situs TNI, perempuan peserta Kowar mempunyai dua tugas pokok. Kedua tugas tersebut adalah:

Membantu TNI Angkatan Laut dalam tugas-tugas khusus yang sesuai dan efisien untuk dilakukan oleh personel wanita. Memelihara dan menjalin hubungan dengan masyarakat, khususnya dengan organisasi perempuan lainnya, untuk menjamin tetap terpeliharanya ciri-ciri perempuan dalam kesibukan dan ketekunan kehidupan militer.

YUK BERKOMPETISI DAN BERPRESTASI

Halo pelajar Indonesia, Ayo uji kompetensimu sekarang juga dengan mengikuti Kompetisi Online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Ada banyak sekali kompetisi nasional dan internasional yang tersedia setiap bulannya hanya di Kompetisi.in.

LEMBAGA PENYELENGGARA LEGAL DAN TERDAFTAR DI KEMENKUMHAM HINGGA PUSPRESNAS

Lembaga penyelenggara kompetisi sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor AHU-0056982-AH.114 Tahun 2020 serta telah terkurasi sistem puspresnas di https://simt.kemdikbud.go.id/kurasi. Kami sudah berpengalaman sejak tahun 2019 dan sudah melahirkan banyak alumni berprestasi di tingkat nasional hingga internasional loh!!. Yuk buruan tunggu apa lagi segera gabung di Kompetisi.in

TEMUKAN MATERI DAN BIMBEL TERUPDATE

Hayo, siapa yang lagi bingung sama materi belajar di sekolah? Yuk belajar materi tambahan secara online di Website Belajaria!. Belajar bisa kapanpun dan dimanapun. Eits, Kalau masih bingung jangan khawatir!. Ada carilesprivat.com dan lesprivatsidoarjo.com yang siap membantu kalian belajar dengan tentor yang kompeten, komunikatif, dan berpengalaman loh!. Tunggu apa lagi? Yuk join sekarang! Ada FREE BIAYA PENDAFTARAN dan FREE SATU BULAN LES juga sebelum kuota terpenuhi. 

PLATFORM KOMPETISI ONLINE PERTAMA DI INDONESIA

Yuk ikuti kompetisi online yang terdaftar dan legal di kompetisinasional.comolimpiadekita.compusatbelajar.onlinekompetisionline.comkompetisi.co.idajangjuara.com, dan olimpiade.in pasti deh bakal berkesan dan semangat terus untuk berprestasi!! Yuk daftar di kompetisi.in!Navigasi pos

1 komentar untuk “Sejarah Memperingati Hari Korps Wanita Angkatan Laut ke-61”

  1. Pingback: 5 TIPS UNTUK MENULIS PUISI YANG BAIK DAN JUGA BENAR - Ajang Juara - Portal Kompetisi dan Olimpiade Online

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top