Senangnya Belajar Pantun

Pantun merupakan salah satu jenis dari puisi lama yang begitu dikenal di Nusantara. Dalam bahasa jawa, disebut dengan parikan. Umumya, terdiri dari empat larik atau empat baris pada setiap lariknya terdiri dari 8-12 suku kata, bersajak akhir dan dengan pola a-b-a-b ataupun a-a-a-a. Pantun adalah salah satu bentuk dari puisi lama.

Pantun yang mulanya adalah sastra lisan, namun sekarang dijumpai juga pada pantun. Ciri lain darinya yaitu tidak memberi nama pembuatnya. Hal tersebut dikarenakan penyebarannya dilakukan melalui lisan.

Unsur-unsur dari Pantun

Unsur Intrinsik

Unsur intrinsik diantaranya yaitu  tokoh, tema, amanat, setting atau tempat dan waktu, plot atau alur dan lainnya. Ciri khasnya dalam unsur intrinsik ini yaitu rima, rima pada pantun mempunyai akhiran yang serupa sehingga mampu menjadikan daya tarik tersendiri untuk para pendengar.

Unsur Ekstrinsik

Adalah unsur yang berasal dari luar strukturnya, unsur ekstrinsik bisa disebut juga  dengan latar belakang, pada sebuah keadaan yang menjadi penyebab kemunculannya. Unsur ini menjadi bagian yang teramat penting, dikarenakan menentukan isinya, menjadi penguat yang diperlukan oleh unsur intrinsik yang berupa struktur pantun tersebut.

Unsur ekstrinsik dapat berupa adat, norma serta nilai yang berlaku di masyarakat. Bisa juga biografi ataupun latar belakang yang digunakan oleh pembuatnya.

Struktur dari pantun sebagai berikut ini:

1. Bait: yaitu banyaknya baris .
2. Baris/larik: kumpulan dari beberapa kata yang mempunyai arti serta bisa membentuk sampiran serta isi.
3. Kata: gabungan dari suku kata yang memiliki makna atau arti.
4. Suku kata: penggalan bunyi dari kata dalam satu ketukan.
5. Rima: sebuah huruf vokal terakhir .
6. Sampiran: bagian yang terletak pada baris 1 dan 2.
7. Isi: bagian yang terletak pada baris ketiga dan keempat.

Contoh dadi pantun :

Jalan-jalan ke Bekasi
Beli odeng lima ribuan
Jangan lupa makan-makanan bergizi
Untuk menjaga kesehatan

Makna: Kesehatan sangatlah penting serta harus dijaga. Salah satu untuk menjaga kesehatan yaitu dengan memakan makanan yang bergizi dan kaya protein dan vitamin.

Kurang lebih seperti itulah penjelasannya. Semoga bermanfaat ya

Baca juga Pentingnya Pendidikan Orang Tua

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top