Simak Latar Belakang Terjadinya Perang Diponegoro

Apakah kalian mengetahui tentang peperangan Diponegoro? Pastinya kalian tahu dong ya? Lalu apakah kalian tahu apa yang menjadi latar belakang peperangan tersebut? Untuk itu kita akan membahas nya.

Mempelajari tentang sejarah peperangan ini akan sangat menarik sekali untuk dibahas karena kita akan mengetahui bagaimana cara mereka menghadapi situasi tersebut pada saat itu.

Pertikaian serta perseteruan Kerajaan Jawa dengan anggota Belanda dimulai pada saat kedatangan Marsekal Herman Willem Daendels di tanah Jawa lebih tepatnya di Batavia pada tanggal 5 Januari 1808.

Dengan utusan yang dikirimkan oleh Perancis, Belanda di berikan tugas untuk mempersiapkan Jawa sebagai basis dari pertahanan Perancis untuk melawan Inggris.

Tetapi cara Daendels yang memerintah dianggap tidak berbudaya serta melanggar tata krama yang menjadi timbulnya kemarahan dari keraton. Daendels yang begitu sering meminta akses pengelolaan sumber daya alam serta perbudakan rakyat Jawa dengan tekanan dari pada kekuatan militer.

Daendels bahkan juga memaksa para penduduk Jawa untuk membangun jalur transportasi dari Anyer sampai ke Panarukan.

Terlebih lagi setelah kematian dari Sri Sultan Hamengkubuwana I yang menjadi peluang bagi kolonial Hindia Belanda untuk memperkuat pengaruhnya pada tanah Jawa yang khususnya di kalangan para Kerajaan Jawa.

Pangeran Diponegoro yang pada awalnya tidak berniat untuk campur tangan pada urusan keraton. Dirinya lebih memilih untuk hidup terpisah dikarenakan posisi ibunya yang bukanlah seorang permaisuri. Pangeran Diponegoro yang lebih tertarik dengan masalah keagamaan serta hidup sebagai rakyat yang biasa.

Pangeran Diponegoro baru saja menaruh perhatian kepada keraton pada saat Belanda mulai terlalu banyak mencampuri urusan internal pada keraton, masalah dengan pungutan pajak yang tinggi kepada para petani.

Setelah itulah, puncak kemarahan dari sang pangeran terjadi pada saat makam leluhurnya yang akan dibongkar dan digunakan untuk dijadikan sebuah jalan.

Hal tersebutlah yang menjadi latar belakang adanya peperangan Diponegoro. Tidak salah jika membuat beliau marah. Itu bukanlah tanah mereka namun dengan seenak hatinya saja menyuruh untuk dibongkar.

Sejarah memanglah penuh dengan kejutan, dengan mempelajari sejarah kalian akan mengenal peperangan dan mempelajari strategi yan digunakan. Sejarah merupakan pelajaran yang begitu berharga.

Mempelajari dan mengetahuinya amat sangat penting untuk menjaga agar budaya dan juga sejarah tetap dikenang.

Baca juga Mengenal Sejarah Rumusan Pancasila

1 komentar untuk “Simak Latar Belakang Terjadinya Perang Diponegoro”

  1. Pingback: Kronologi dari Peperangan Diponegoro

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top