Simak Penyebab Awalnya Perang Dunia ke-2

Salah satu faktor yang menjadi menyebabkan rangkaian perang itu yaitu dengan adanya pemikiran mengenai fasisme. Pada saat itu, tiga negara yang berideologi fasisme beraliansi pada nama Poros Roma-Berlin-Tokyo (Italia, Jerman, dan Jepang).

Kendati mempunyai perbedaan pedoman tentang ideologi tersebut, namun semuanya mengarahkan kepada tindakan merendahkan bangsa lain. Hal tersebut yang menjadi menyebabkan ketiganya berusaha untuk bisa menduduki wilayah dari negara-negara lain.

Faktor kedua yang menjadi penyebab meletusnya Perang Dunia II yaitu kebijakan Appeasement (politik asalkan kamu senang–red) yang berasal dari Imperium Britania serta Prancis. Kebijakan tersebut mengibaratkan mereka yang mengalah kepada tindakan-tindakan Jerman. Tetapi, upaya itu ternyata tidaklah cukup untuk memberikan rasa puas kepada pihak Jerman.

Perang Dunia II dimulai pada saat Jerman dengan prinsip fasisnya menginvasi Polandia pada tanggal 1 September 1939. Imperium Britania dan juga Prancis dengan terpaksa mereka menyatakan perang serta menanggalkan prinsip mengalahnya itu.

Sejak pada saat itu, negara-negara lain juga mulai terlibat pada pertempuran yang berskala besar, dikarenakan Jerman semakin membabi buta untuk menginginkan menguasai wilayah lain.

Tetapi, Jerman tidak hadir sendirian. Italia sudah menjadi aliansinya sejak akhir tahun 1936 sampai awal 1941, lewat serangkaian perjanjian. Kemudian, diikuti dengan masuknya Jepang pada Desember 1941. Jepang bergabung dengan Blok Poros untuk dapat menyerang Amerika Serikat serta teritori Eropa pasa Samudra Pasifik dan sebagian besar Pasifik Barat.

Ketiga negara tersebut kemudian terlibat perang melawan Blok Sekutu yang memiliki jumlah yang lebih banyak, di antaranya yaitu Imperium Britania, Prancis, Uni Soviet, Amerika Serikat, Pemerintahan Nasionalis Republik Tiongkok, Belanda, Polandia, serta juga beberapa negara lainnya yang memperoleh dampak dari pendudukan Blok Poros.

Faktor Umum

1. Negara maju yang saling berkompetisi satu dengan yang lain untuk menguatkan pangkalan militer juga senjata.
2. Adanya politik aliansi yang menjadi penyebab lahirnya dua blok besar.
3. Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa (LBB) saat menciptakan perdamaian dunia.

Faktor Khusus

1. Pada tanggal 1 September 1939, Jerman melakukan penyerbuan pada Kota Danzig, Polandia. Polandia sendiri adalah negara yang diawasi oleh LBB. Hitler di sisi lain yang menuntut penguasaan atas Danzig dikarenakan penduduknya adalah bangsa Jerman, namun Polandia membantahnya
2. Pada tanggal 3 September 1939, negara-negara yang mendukung LBB (terutama Inggris dan Prancis) mengumumkan adanya perang kepada Jerman serta aliansi-aliansinya.
3. Pada tanggal 7 Desember 1941, Jepang menyerang pangkalan armada pada angkatan laut yang dimiliki Amerika Serikat yang berada di Pearl Harbor, Hawai.

Baca juga Kronologi dari Peperangan Diponegoro

2 komentar untuk “Simak Penyebab Awalnya Perang Dunia ke-2”

  1. Pingback: Simak Penyebab Terjadinya Serangan Umum 1 Maret di Yogyakarta

  2. Pingback: Kurangnya Pelayanan Pendidikan di Daerah Terpencil

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top