Simak Sejarah Singkat Kerajaan Majapahit

Kerajaan Majapahit berdiri susai kerajaan Singasari runtuh pada 1292 M atau di abad ke-13. Pada saat itu Kerajaan Singasari runtuh setelah terjadinya pemberontakan yang dilakukan oleh raja Gelanggelang, Jayakatwang.

Sejarah Kerajaan Majapahit

Lalu, disaat Kerajaan Singasari ada di ujung tanduk, cucu dari Raja Singasari, yakni Raden Wijaya, melarikan diri serta meminta pertolongan dari Arya Wiraraja. Pada pelariannya itu Raden Wijaya membuat sebuah desa kecil pada area hutan daerah Trowulan dan diberi nama desa Majapahit.

Konon, nama tersebut diambil dari nama daei buah yang ditemukannya di Hutan yang bernama Maja. Namun, buah itu diketahui memiliki rasa yang pahit. dan seiring berjalannya waktu, desa Majapahit secara berterusan mengalami perkembangan. Dan bahkan Raden Wijaya telah berhasil menarik perhatian pada penduduk Tumapel dan Daha.

Dan hasilnya, Raden Wijaya berhasil membangun kekuatan serta dengan tambahan bantuan dari pasukan Khubilai Khan di tahun 1293 M. Pasukan itu lantas dipergunakan untuk membalaskan dendam atas runtuhnya kerajaan Singasari dan menyerbu Jayakatwang.

Tetapi, setelah Jayakatwang Tumbang, pasukan Kubilai Khan yang justru diserang oleh Raden Wijaya dikarenakan dinilai tidak tunduk pada kekuasaan Kaisar Mongol.

Dengan keberhasilan tersebut membuat Raden Wijaya memimpin kekuasaan pada wilayah Jawa juga Majapahit. Ia juga dinobatkan sebagai raja pada 10 November 1293. Raden Wijaya juga mempunyai gelar Kertarajasa Jayawardhana. Hal itu pun diyakini untuk menjadi awal mula berdirinya Kerajaan Majapahit.

Kerajaan Majapahit kemudian mengalami kejayaan saat berada di bawah pimpinan cucu dari Raden Wijaya, yaitu Hayam Wuruk. Hayam Wuruk diketahui memimpin Kerajaan Majapahit saat periode ke 1350 M sampai 1389 M.

Kepemimpinan Hayam Wuruk pada masa itu berjaya juga dikarenakan adanya peran dari Patih Gajah Mada. Kala itu, Patih Gajah Mada yang telah diangkat sebagai patih amangku bhumi dan bersumpah untuk menyatukan Nusantara. Sumpah itu kemudian dikenal sebagai Sumpah Palapa.

Di dalam Sumpah Palapa tersebut, Gajah Mada mengatakan bahwa ia menginginkan untuk menguasai negara-negara seperti Gurun, Seran, Tanjung Pura, Pahang, Haru, Dompo, Bali, Palembang, Sunda, serta Tumasik. Sumpah tersebut juga telah menjadi kenyataan yang dimana Kerajaan Majapahit berhasil menguasai sejumlah dari wilayah-wilayah tersebut.

Tetapi, pada akhirnya kejayaan Majapahit pin runtuh setelah era kepemimpinannya Hayam Wuruk. Keruntuhan Majapahit disebutkan terjadi sebab adanya masalah internal.  Wikramawardhana yang telah ditunjuk sebagai penguasa dari Majapahit setelah Hayam Wuruk dinilai telah menjadi sosok yang menjadi penyebab Majapahit runtuh.

Dikarenakan, pada saat penunjukan, Wikramawardhana menuai banyak sekali kecaman. Lalu diperparah lagi dengan lepasnya daerah kekuasaan Majapahit serta terjadinya wabah kelaparan pada 1426 M.

Kurang lebih seperti itu sejarah singkat dari Kerajaan Majapahit pada awal kejayaannya hingga keruntuhannya.

Baca juga Sejarah Berdirinya Kerajaan Sriwijaya dan Peninggalannya

1 komentar untuk “Simak Sejarah Singkat Kerajaan Majapahit”

  1. Pingback: Simak Sejarah Singkat dari Kerajaan Mataram Kuno

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top