Soft Skill Wajib Bagi Remaja

Soft Skill Wajib Bagi Remaja

Pada 2015 silam, The World Economic Forum telah memetakan soft skill yang harus dimiliki oleh milenial di 2020. Lima tahun lalu mereka melihat bahwa di tahun ini, industri bakal banyak berubah menjadi lebih canggih lagi.  Industri 4.0 membuat segala lini bisnis berubah drastis karena sudah menggunakan teknologi di berbagai sektor. Keterampilan yang dibutuhkan dalam industri itu sendiri juga pastinya bakal terdampak. Selain industri 4.0, persaingan kerja saat ini juga semakin tinggi. Oleh karena itu, soft skill adalah salah satu keterampilan penting yang harus dikuasai generasi muda agar dapat bersaing di dunia pekerjaan.

Buat kamu yang penasaran apa aja sih soft skill wajib bagi remaja, simak terus yuk!. Sebelum masuk ke intinnya, kalian tau ga sih apa yang dimaksud soft skill?

Pengertian soft skill

Sebelum menjabarkan daftar soft skill yang dibutuhkan, sebaiknya kamu memahami apa itu pengertiannya dan perbedaannya dengan hard skill. Pertama-tama coba kita bahas tentang hard skill terlebih dahulu, hard skill merupakan kemampuan yang dapat diukur, diuji, dan dievaluasi. Hard skill adalah kemampuan utama yang dibutuhkan.

Sedangkan, soft skill adalah kepribadian, kemampuan komunikasi atau atribut personal yang memang dibutuhkan untuk dapat memberikan performa baik di dalam sebuah pekerjaan. Kemampuan yang kamu miliki akan menunjukan bagaimana mudah berinteraksi dengan lingkungan. 

Selanjutnya, baik hard skill maupun kemampuan ini, memang dapat dipelajari, namun, hard skill lebih mudah dipelajari karena terdapat instansi seperti sekolah dan tempat kursus yang mengajarkan hard skill tersebut, sedangkan kemampuan yang satu ini dapat dipelajari dengan membaca buku dan mendengarkan pengalaman orang dalam menghadapi suatu masalah.

Contoh soft skills yang harus dimiliki  

1. Komunikasi

Soft skill wajib nomor satu yang harus dimiliki saat ini adalah komunikasi. Di mana saja kamu berada, kamu butuh untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain. Dengan teman, guru atau dosen, hingga rekan kerja dan bos kamu nantinya. Kedengarannya sih simple, tapi masih banyak lho yang sulit untuk menerapkan komunikasi yang baik.

2. Public Speaking

Berbicara di depan umum melibatkan berbicara di depan sekelompok orang, bisa di depan orang-orang yang kamu kenal (misalnya pada perayaan keluarga) atau kerumunan orang asing. Tidak semua orang bisa melakukan public speaking dengan baik, terutama yang melibatkan audiens besar. Padahal kemampuan ini sangat berguna karena bisa meningkatkan citra baik yang kamu miliki, meningkatkan kepercayaan diri, dan membuka banyak peluang.

Untuk bisa menguasai kemampuan public speaking yang baik, hal penting yang kamu harus lakukan adalah menyiapkan segala sesuatu dan berlatih. Dengan menyiapkan segala hal sebelumnya, kamu bisa menguasai materi yang akan kamu sampaikan dengan lebih baik serta kamu akan lebih siap untuk tampil di depan umum. Dibarengi dengan latihan untuk berbicara di depan umum kamu bisa meningkatkan kepercayaan diri yang kamu miliki sehingga bisa tampil secara maksimal.

3. Networking

Soft skill yang satu ini masih sering dianggap tidak begitu penting. Padahal banyak manfaat yang bisa kita dapatkan ketika kita mengembangkan networking yang baik pula. Sebenarnya apa sih yang disebut dengan networking? Bisa dikatakan bahwa networking adalah membangun jaringan atau relasi dengan orang lain. Melalui networking kamu bisa mendapatkan keutungan bagi dua belah pihak.

Semakin luas networking yang kamu miliki, semakin banyak pula kesempatan dan peluang untukmu. Kamu juga bisa mendapatkan banyak pemikiran dan wawasan baru dengan membangun networking. Cara untuk mengembangkan kemampuan networking sebenarnya sangat mudah. Kamu bisa mengikuti berbagai kegiatan untuk mencari teman-teman baru dan ambil kesempatan untuk memperluas networking.

4. Manajemen

Anak muda harus punya skill manajemen yang baik. Bagi yang masih suka menunda mengerjakan tugas dan ketepatan dalam menentukan pembagian prioritas harus mulai belajar managing skill, ya. Kenapa? Karena kemampuan untuk merencanakan, membagi, dan mengeksekusi tugas diperlukan banget di dunia kerja nanti. Dengan demikian, pekerjaan kamu tidak akan keluar dari jadwal dan target yang sudah direncanakan.’

5. Positif dan percaya diri

Sikap positif dan percaya diri tidak bisa dianggap remeh. Percaya diri dan tidak mudah menyerah adalah hal-hal yang dimiliki oleh orang yang berpikiran positif. Dengan berpikiran positif, kamu akan lebih mudah untuk beradaptasi, bekerja sama, mampu mengerjakan tugas dan tantangan dengan baik, serta melakukan banyak hal positif lainnya, lho.

6. Etika

Yang paling penting dan tidak boleh terlupakan, yaitu etika yang baik. Walaupun kamu pintar, memiliki kemampuan di atas rata-rata, dan beragam skill lainnya tapi tidak diimbangi dengan etika dan attitude yang baik, kamu bisa tidak disukai rekan kerja kamu nantinya. Jadi, belajar yuk untuk selalu menghargai orang lain, berkelakuan baik, punya semangat tinggi, dan terus berpikiran positif.

Nah, itulah beberapa soft skill wajib yang penting banget untuk kamu miliki dan latih. Ayo semangat, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top