Study Tips Buat Kalian!

Study Tips Buat Kalian!

Study Tips – Siapa nih yang sering menghabiskan waktu untuk main Gadget daripada belajar? Hayo ngaku…. bermain Gadget memanglah seru, jadi wajar sih kalau kamu lebih suka main Gadget daripada belajar. Tapi, agar tidak kesulitan memahami materi pelajaran di sekolah, kamu juga harus merancang cara mengatur waktu belajar yang efektif.

Jika memiliki waktu belajar yang efektif, kamu akan lebih mudah menemukan cara membagi waktu belajar dan lainnya, tanpa harus ketinggalan materi pelajaran di sekolah. Bagaimana caranya? Simak terus yuk karena kita akan kasih kalian Study Tips!

Bangun lingkungan belajar yang efektif

Pahami cara yang cocok untuk kalian. Cari tempat yang memungkinkan Anda untuk berkonsentrasi belajar. Tempat tersebut bisa jadi perpustakaan kampus, kamar tidur, kafe setempat, atau bahkan di salah satu taman. Di samping itu, cari tahu kapan waktu produktif kalian, apakah di pagi hari, sore, atau di malam hari? Jangan lupa untuk beristirahat sesekali selama 10 hingga 20 menit saat belajar untuk mencegah menurunnya tingkat konsentrasi dan mengantuk.

Jangan ragu

Jika kebingungan, tanyakan saja. Tak usahlah ragu ketika meminta bantuan teman, guru atau dosen dalam studi kalian. Jadikan ini kesempatan untuk bersosialisasi. Kalian juga dapat membuat kelompok belajar dengan teman-teman serta pelajar internasional lainnya. Dengan begini, kalian dapat membangun lebih banyak koneksi sekaligus menjaga nilai tetap bagus.

Jadi lebih terorganisir

Pastikan bahwa kalian memiliki semua buku, bahan referensi, alat tulis dan folder yang diperlukan sebelum memulai study. Buat rencana belajar dan tempelkan di dinding kamar kalian. Jika kalian lebih suka belajar dengan laptop, cobalah untuk tidak salah fokus dulu yaaa oleh media sosial, email, pesan atau kegiatan serupa.

Buat rencana yang membantu

Buatlah jadwal yang menggambarkan seberapa banyak kalian akan belajar atau membaca kembali materi yang pernah dipelajari setiap harinya. Jaga itu agar serealistis mungkin dengan mengingat juga kegiatan-kegiatan lain yang harus dilakukan.

Latihan soal

Dapatkan contoh paper atau bahan ujian dari tahun-tahun sebelumnya untuk dipelajari dan dilatih sebisa mungkin. Kalian bisa menghitung waktu untuk melihat seberapa baik hasil kalian. Ini akan membantu Anda memahami pola apa saja yang diujikan, dan bagaimana kalian harus berstrategi untuk menyusun jawaban Anda.

Bergabung dengan kelompok belajar

Setelah kalian menemukan beberapa teman baru, pintu-pintu pun terbuka lebar untuk menemukan orang-orang yang tepat untuk dijadikan teman belajar. Belajar kelompok memiliki banyak manfaat. Kalian dapat memotivasi satu sama lain, melakukan tanya jawab, dan ini menciptakan ruang yang menyenangkan di mana kalian dapat memperoleh lebih banyak pengetahuan dan pengalaman lebih cepat. Ia bahkan dapat meningkatkan kurva belajar kalian dan retensi informasi otak.

Kelola stress

Merasa tertekan adalah hal yang sangat normal tetapi jangan biarkan hal itu mempengaruhi studi Anda. Belajar mengelolanya dengan mengambil istirahat, meluangkan waktu untuk jalan-jalan dengan teman, makan sehat dan olahraga secara teratur.

Hindari belajar terlalu berlebihan

Ini adalah hal yang paling kritis untuk kalian mengerti. Beberapa siswa cenderung belajar berlebihan di bawah tekanan target mendapatkan nilai baik. Pahamilah kapan untuk berhenti. Pola makan yang buruk, stress, dan kurang tidur pada akhirnya dapat menyebabkan nilai yang lebih rendah.

Nah, itulah beberapa tips study yang bisa kamu terapkan. Semoga bisa menjadi solusi buat kalian semua ya. Bagi kalian yang ingin mendapatkan akses latihan soal kalian bisa lihat di website kami ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top