Tentang Hari Puisi Sedunia 21 Maret

Hari Puisi Sedunia atau dikenal dengan nama World Poetry Day diperingati setiap tanggal 21 Maret, yang dideklarasikan oleh UNESCO di tahun 1999, pada Konferensi Umum yang ke-30 di Paris. Misi dari penetapan itu adalah untuk mendukung keragaman bahasa lewat puisi, mempromosikan pembacaan, penulisan, penerbitan, serta pengajaran puisi yang ada di seluruh dunia, serta dengan memberi apresiasi kepada para penyair melalui kecerdasan serta kreatifitas mereka yang tertuang pada susunan kata-kata yang puitis.

Bersamaan dengan semua tujuan tersebut, peringatan Hari Puisi Sedunia juga diperuntukkan supaya hilangnya image kuno yang melekat di puisi, dikarenakan banyak sekali generasi muda yang menganggap karya seni puisi ini telah ketinggalan zaman serta meninggalkannya pada kehidupan mereka. Dengan adanya peringatan tersebut, puisi yang sebagai salah satu karya seni yang bisa menghubungkan manusia dengan kemanusiaannya akan semakin banyak digemari.

Puisi tidak hanya sekadar susunan kata-kata yang indah serta mengandung rima, lebih dari itu, puisi mempunyai keistimewaannya tersendiri di antara dengan berbagai macam karya seni lainnya. Beberapa hal yang menjadi keistimewaannya yaitu, yang pertama, puisi lekat dengan semua pilihan kata yang begitu luar biasa. Pada pilihan kata-kata dalam puisi yang menggambarkan suasana batin dari penulisnya. Untuk menulis sebuah puisi, terdapat proses berpikir serta perenungan penulis, hingga bisa menghasilkan sebuah kata yang begitu bermakna, dan juga rangkaian kata-kata yang indah akan tercipta dalam nuansa yang istimewa.

Kedua, puisi adalah salah satu bentuk karya sastra. Karya sastra yang tidak bisa dihasilkan dengan sekali jadi ataupun dibaca secara sepintas saja . Sastra juga tidak terlepas dari nilai-nilai kemanusiaan, kearifan, dan juga sisi-sisi religi yang menjadi perenungan mengenai banyak nilai kehidupan. Puisi yang bisa menghadirkan suasana yang seperti itu, akan semakin menjadikannya sebagai karya sastra yang sangat istimewa. Ketiga, puisi mempunyai struktur fisiknya sendiri yang membedakannya dengan struktur karya tulis yang lain, dan hal tersebut menjadi ciri khasnya.

Selamat Hari Puisi Sedunia 21 Maret, semoga kecintaan kalian terhadap karya sastra istimewa ini, tetap lestari dan semakin meningkat.

Baca juga Sejarah Diperingatinya Hari Dongeng Sedunia

3 komentar untuk “Tentang Hari Puisi Sedunia 21 Maret”

  1. Pingback: Mengenal Meteorologi Ilmu yang Mempelajari Fenomena Atmosfer

  2. Pingback: Mengenal Sejarah dan Tujuan Hari Teater Sedunia

  3. Pingback: Kegiatan Ngabuburit di Bulan Ramadan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top