Ternyata ada dampak negatif disebalik letak geografis Indonesia

jpg,img

Ternyata ada dampak negatif disebalik letak geografis Indonesia. Ternyata disebalik letak kondisis yang sangat strategis ini juga membawa dampak yang relatif besar bagi negara Indonesia dan dampak itupun juga akan membawa pengaruh terhadap keadaan alam dan kependudukannya, maka dari itu kalian juga harus mengetahui apa saja pengaruh negatif dari kondisi letak geografis Indonesia ini. Yuk belajar!

1. Menjadi negara yang rawan terjadinya bencana alam

Negara Indonesia termasuk negara yang rawan akan bencana alam dan yang paling terjadi adalah gempa bumi dikarenakan sering dilalui oleh jalur pertemuan 3 lempeng tektonik yaitu diantaranya: Lempeng Indo-Australia, lempeng Erusia, dan lempeng Pasifik, tidak hanya itu Indonesia juga memiliki banyak pegunungan yang relatif masih aktif yang akan juga menyebabkan terjadinya letusan gunung berapi dimanapun dan kapanpun itu dan masih banyak bencana alam yang ada di Indonesia yang sering terjadi seperti contoh: tsunami, gempa bumi, ketusan gunung berapi dimana-mana.

2. Banyaknya perubahan perilaku yang berdampak tidak sesuai dengan karateristik kebudayaan Indonesia

Indonesia yang berletakan sangat strategis ini membuat kependudukannya sering berinteraksi dengan warga negara asing. Dan hal inilah yang berujung membawa dampak negatif yaitu para pemuda Indonesia mudah melupakan kebudayaan Indonesia dan sudah mulai terbiasa membaur oleh kebudayaan asing di negara lain, maka dari itu kita sebagai generasi muda harus melestarikan kebudayaan kita dan tidak boleh kalah dengan negara asing dikarenakan budaya kita tidak kalah menarik bahkan lebih banyak keanekaragaman yang dimiliki kebudayaan Indonesia dibanding negara lain.

3. Maraknya penyeludupan Ilegal negara Indonesia

Maraknya barang ilegal yang sangat banyak di negara kita Indonesia dan sangat berdampak buruk bagi manusia, barang ilegal tersebut dianantaranya: Sabu, Minuman Alokohol, Obat-obat an berbahaya seperti ganja dll.

4. Menjadi pemicunya berbagai penyakit

Penyebab letak geografis Indonesia yang berletakan di garis khatulistiwa dan menyebabkan debu dari seluruh dunia terkumpul di garis khatulistiwa sehingga memicu timbulnya berbagai penyakit di seluruh dunia.

5. Sirkulasi musim hujan dan kemarau yang tidak stabil di negara Indonesia

Maka dari itu tak heran jika Indonesia sering di beberapa daerah yang kekeringan saat yang lain di suatu daerah tersebut terjadi kebanjiran. Dengan kondisi tersebut tak heran jika Indonesia harus terus membangun wilayahnya hingga saat ini yang terus berlangsung memungkinkan dampak positif maupun negatif bagi geografis Indonesia dan bisa terus dimanfaatkan untuk kemajuan negara Indonesia kita tercinta.

Baca Juga: Pengertian relasi dan bentuk relasi sosial bagi masyarakat

1 komentar untuk “Ternyata ada dampak negatif disebalik letak geografis Indonesia”

  1. Pingback: Beberapa dapak positif letak geografis Indonesia - Ajang Juara Cup

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top