Tips Belajar ala B.J Habibie

Tips Belajar ala B.J Habibie

Menjadi seseorang yang pintar juga cerdas pastinya akan menjadi keinginan semua orang. Untuk bisa mendapat predikat itu pastinya kamu harus mulai dengan proses belajar. Banyak orang yang merasa bahwa belajar merupakan hal yang membosankan. Padahal yang sebenarnya hal tersebut tergantung dengan bagaimana cara kita untuk membentuk strategi dalam belajar.

Proses belajar tersebut bukan hanya sebagai kewajiban untuk para pelajar saja, namun juga untuk semua orang dengan berbagai jenis pekerjaannya pasti. Belajar dapat dilakukan dimana pun juga kapan pun. Hal tersebut dilakukan supaya hidupmu menjadi lebih baik serta mempunyai arah tujuan. Supaya tidak malas belajar, kamu harus mempunyai strategi yang sesuai denganmu. Berikut ini tips belajar ala almarhum B.J Habibie yang mungkin dapat kamu jadikan contoh.

Bangun lebih pagi

Untuk dapat membiasakan hal ini maka kamu juga memerlukan untuk memperbaiki jam tidurmu. Jika kamu termasuk orang yang suka dengan begadang, mulailah sedikit demi sedikit untuk menghilangkan kebiasaan buruk itu. Tidurlah lebih awal, yaitu sekitar pukul 9 hingga 10 malam.

Jika kamu tipe orang yang sulit saat bangun pagi, kamu dapat juga menggunakaan alarm. Pada saat kamu bangun lebih pagi, otak kamu akan terasa lebih jernih dan juga lebih fresh hingga kamu akan lebih paham pada saat belajar di waktu pagi.

Mulailah memiliki rasa ingin tahu

Cobalah untuk bisa menyukai hal yang akan kamu pelajari, dengan begitu belajar pasti akan terasa lebih menyenangkan. Dengan menyukai pelajaran umumnya kamu akan banyak untuk mencari tahu tentang hal yang ada hubungannya dengan pelajaran tersebut. Kemudian, cobalah untuk pertanyaan serta jawaban dengan menggunakan bahasamu sendiri. Hal tersebut akan melatih pemahamanmu juga menambah pengetahuan yang kamu miliki.

Atur jadwal belajarmu

Setiap orang pasti mempunyai kesibukannya masing-masing. Kesibukan orang yang satu pastinya berbeda dengan kesibukan dari orang lain. Oleh sebab itu, buatlah jadwal yang sesuai dengan semua kegiatan yang kamu miliki. Atur batas waktu untuk belajar juga bermain, jika perlu pasanglah alarm supaya dapat berjalan dengan tepat waktu.

Rajinlah membaca buku

Kebiasaan dengan membaca buku adalah sebuah hobi yang bisa meningkatkan kecerdasan pada otak. Bacalah buku apa pun yang sesuai dengan seleramu. Tidak selalu dengan buku pelajaran, bacalah buku yang bisa membuatmu nyaman untuk membacanya. Kamu juga dapat menyesuaikan dengan genre buku yang kamu sukai.

Ikuti akun yang bisa menunjang belajarmu

Proses belajar dapat juga dilakukan pada media apa pun serta dengan cara apa pun. Terlebih lagi sekarang merupakan jaman teknologi digital, banyak platform media sosial yang akan menyediakan kebutuhanmu, termasuk dengan kebutuhan belajar. Mulailah untuk mengikuti akun-akun yang dapat membuatmu semakin mudah dalam hal belajar.

Kamu juga dapat membuat akun yang kamu khususkan untuk proses belajarmu. Buatlah file catatan serta mulailah untuk ikuti perlombaan yang sesuai dengan passion yang kamu miliki.

Baca juga Cara Mengatur Waktu Belajar saat Berpuasa

2 komentar untuk “Tips Belajar ala B.J Habibie”

  1. Pingback: Manfaat Pendidikan Karakter untuk Siswa

  2. Pingback: Tips Memulai Bisnis Setelah Bangkrut

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top