Bosan Belajar? Intip Yuk Biar Semangat

mengatasi rasa bosan

Sebagai pelajar, kamu pasti sering mengalami bosan dan malas pada saat belajar. Meski hal itu wajar, tetapi ada baiknya untuk tidak terlalu larut dalam perasaan tersebut. Permasalahan ini bisa dialami karena beberapa hal, misalnya saat kamu mempelajari mata pelajaran yang tidak kamu sukai, mata pelajaran yang sulit untuk dipahami, atau banyak distraksi disekitarmu. Kamu harus mencari cara agar tidak malas dan bisa menjadi rajin belajar.

Simak tipsnya di bawah ini ya!

  1. Ketahui Hal yang Kamu Suka

Agar proses belajar menjadi menyenangkan, ada baiknya kamu mengenal diri sendiri dan mengetahui apa yang kamu sukai. Misalnya, kamu menyukai bidang seni dan desain,  dan kamu ingin menjadi seorang desain grafis di masa depan. Maka, kamu bisa mulai untuk mempelajari mata pelajaran seni dan menggambar. Kamu bisa mengembangkan hal ini menjadi hobi yang bisa menghasilkan. Kamu bisa saja menjual hasil karya gambarmu dalam bentuk gambar untuk teman-teman dan lingkunganmu agar kamu bisa memiliki uang tambahan. Dari sini, kamu bisa terus mengembangkan keterampilanmu. Selain itu, mengetahui dan mengenal tipe atau gaya belajarmu juga dapat membantu. Dalam hal ini, kamu bisa mengetahui apakah kamu tipe orang yang lebih mudah belajar lewat tulisan, visual, atau latihan dengan praktik. Banyak tools yang bisa kamu coba untuk mengetahui gaya belajarmu.

  1. Cari Tempat yang Nyaman

Tempat yang nyaman untuk belajar dan bekerja dapat membantu kita menjadi lebih produktif. Kamu bisa menyesuaikan seleramu dengan mendekorasi tempat belajar yang kamu inginkan. Kamu juga bisa, lho, sesekali belajar dari luar seperti perpustakaan umum atau cafe untuk membantu pikiranmu lebih refresh.

  1. Target

Target dalam belajar bisa berupa hasil akhir seperti nilai, atau target untuk memahami suatu hal dalam topik tertentu. Jika kamu ingin memiliki waktu belajar yang teratur agar tidak bosan dan malas, maka kamu perlu menentukan target. Jika kamu melakukan 2 hal atau lebih dalam waktu yang bersamaan, besar kemungkinan bahwa kamu tidak dapat fokus pada hal-hal tersebut, dan menyebabkan kamu malas dan bosan.

  1. Tentukan Waktu Istirahat

Jika kamu terus memaksakan diri untuk belajar pada saat kamu sudah merasa bosan dan malas, maka hal itu akan terus sia-sia karena pelajaran yang kamu pelajari tidak akan masuk. Maka dari itu, ada baiknya kamu untuk mengambil waktu isitirahat sebentar untuk melepaskan lelah dan mengembalikan konsentrasi.

Baca Juga: Keunggulan Kompetisi Ajang Juara

1 komentar untuk “Bosan Belajar? Intip Yuk Biar Semangat”

  1. Pingback: Tips Lolos Beasiswa! - Ajang Juara Cup

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top