Tips and Trick Mengerjakan Soal TPS di UTBK

Tips and Trick Mengerjakan Soal TPS

TIPS AND TRICK MENGERJAKAN SOAL TPS DI UTBK

TPS adalah singkatan dari Tes Potensi Skolastik yang menguji kemampuan kognitif, penalaran, dan pemahaman umum calon mahasiswa. TPS diberlakukan sebagai materi dalam UTBK SBMPN karena dapat mengukur tiga kemampuan yang dianggap penting untuk keberhasilan menuntut ilmu di PTN nantinya. Penilaian TPS sendiri terdiri dari:

  1. Kemampuan penalaran umum.
  2. Kemampuan kuantitatif berupa pengetahuan dan penguasaan matematika dasar.
  3. Pengetahuan dan pemahaman umum.
  4. Kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Baca Juga: Penjelasan Personal Letter

Cara Cepat Menjawab Soal TPS

  1. Sering Melakukan Latihan Soal

Dengan memperbanyak mengerjakan latihan soal TPS tentunya akan semakin mengasah kemampuan kamu dalam menjawab soal. Ketika kamu menghadapi TPS UTBK pun kamu tidak akan membuang waktu yang cukup banyak untuk memahami soal-soal tersebut. Mamikos sarankan untuk kamu mengerjakan soal TPS UTBK beberapa tahun sebelumnya. Karena umumnya jenis soal yang keluar akan cenderung berulang tiap tahunnya dan memiliki pola penyelesaian yang sama.

  1. Mengikuti Try Out Online

Selain berlatih soal secara mandiri di rumah, kamu juga wajib sesekali untuk mengikuti tryout UTBK SBMPTN online. Dengan mengikuti tryout, kamu pun dapat menemukan siasat untuk menghadapi UTBK yang sesungguhnya. Selain itu, kamu bisa mengasah kemampuan dalam menaklukan soal-soal di UTBK nanti.

  1. Memahami Konsep Soal

Umumnya TPS tidak memiliki materi yang pasti, namun memiliki bentuk soal yang berbeda-beda (walaupun konsepnya sama). Jika kamu sudah sering berlatih soal TPS di rumah, kamu pun akan terlatih untuk memahami tiap soal yang ada. Dengan begitu, ketika kamu mengerjakan soal TPS yang sesungguhnya maka kamu akan lebih mudah menjawab soal tersebut karena sudah memahami konsepnya. Karena apabila konsep soal sudah dipahami, bagaimanapun model soalnya tidak akan sulit untuk dijawab karena langkah-langkah yang harus ditempuh sudah diketahui.

  1. Mempelajari analisis soal dan data

Soal-soal yang terdapat di TPS umumnya akan menuntut kamu untuk dapat menganalisis dan menjawab soal berdasarkan data yang telah disajikan. Ingat, jangan terburu-buru dalam membuat kesimpulan. Lebih baik kamu fokus dan dan cermat ketika membaca soal di TPS tersebut agar kamu pun bisa segera menemukan jawaban yang benar.

  1. Utamakan Ketelitian

Kata kunci dalam mengerjakan soal-soal TPS adalah ketelitian dan penalaran. Untuk melihat kesesuaian pernyataan, hal yang dapat dilakukan adalah membaca secara cermat dan cepat. Tidak perlu membaca keseluruhan teks, kamu cukup melihat pernyataan-pernyataan pada pilihan jawaban. Perhatikan kata kunci pada setiap pernyataan di pilihan jawaban dan temukan kalimat yang maknanya sama dengan teks.

  1. Tentukan Target untuk Menjawab Soal

Agar dapat memaksimalkan waktu, kamu wajib memiliki jumlah target menjawab soal dengan benar pada setiap komponen tes TPS. Misalnua, pada pada komponen penalaran umum, masing-masing targetkan untuk dapat menjawab 10 soal. Setelah pasang target, kamu pun harus membatasi waktu mengerjakan soal pada masing-masing komponen tersebut. Mamikos sarankan, lebih baik kamu mengerjakan soal yang mudah dan butuh waktu sebentar daripada mengerjakan soal yang mudah tapi butuh waktu lama.

  1. Pelajari Teknik Skimming

Skimming adalah teknik membaca untuk menemukan gagasan atau inti utama pada bacaan secara keseluruhan. Teknik yang satu ini berguna untuk menjawab deretan soal seperti “apakah topik utama pada teks tersebut?” Dengan menggunakan teknik ini, kamu pun dapat memperoleh gambaran dari bacaan meskipun tidak membaca secara keseluruhan. Mamikos pun menganjurkan kamu untuk mempelajari teknik skimming ini di rumah sebelum kamu menghadapi TPS UTBK SBMPTN 2022/2023 agar dapat menjawab soal-soal dengan cepat dan benar. Adapun berikut cara membaca menggunakan teknik skimming:

  1. Baca judul bacaan terlebih dahulu mengingat rangkuman tersingkat dari sebuah bacaan terdapat pada judulnya.
  2. Baca keseluruhan dari paragraf pembuka, tujuannya adalah untuk memperkenalkan kamu pada topik dari bacaan. Topik utama dari bacaan biasanya terletak di bagian akhir dari paragraf pembuka. Akan tetapi tidak ada salahnya membaca keseluruhan paragraf agar mendapat gambaran yang lebih jelas.
  3. Jika terdapat sub-headings, baca satu persatu dan cobalah untuk menemukan korelasi antar sub-headings
  4. Mayoritas paragraf mempunyai ide utama di awal paragraf. Untuk itu kamu pun cukup membaca kalimat pertama atau kedua dari setiap paragraf setelah paragraf pembuka. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua paragraf punya gagasan pokok di awal paragraf. Karena itu, jika kalian tidak menemukan ide utama suatu paragraf di awal, tidak ada salahnya mencari di kalimat-kalimat terakhir ataupun di tengah.
  5. Baca paragraf kesimpulan secara menyeluruh karena pada dasarnya paragraf kesimpulan telah merangkum keseluruhan isi bacaan.
  6. Teknik Scanning

Jika teknik skimming berguna untuk mencari gagasan atau inti utama dari sebuah bacaan, maka teknik scanning akan membantu kamu menemukan informasi yang lebih spesifik dari sebuah bacaan yang panjang. Jika kamu menemukan soal seperti “Berdasarkan teks di atas, siapakah yang melakukan pekerjaan bersih-bersih?” Maka cara cepat untuk menjawabnya adalah dengan mencari kata kunci yang telah ada dalam teks tersebut tanpa perlu membacanya keseluruhan teks.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top