Warisan Budaya Indonesia yang Mendunia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan adat dan budaya yang dimilikinya. Telah terbentang dari Sabang hingga Merauke, berbagai budaya yang khas serta unik dan berbeda-beda bisa kalian temukan tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Tak sedikit warisan Budaya Indonesia yang berhasil menarik perhatian dunia dan kerap menjadi daya tarik wisata bagi para wisatawan mancanegara. Bahkan, ada beberapa diantaranya telah diakui oleh UNESCO secara resmi.

Angklung

Salah satu warisan budaya Indonesia yang terpopuler yaitu alat musik Angklung. Angklung merupakan alat musik yang berasal dari Jawa Barat yang terbuat dari bambu dan cara memainkannya yaitu dengan digoyang-goyangkan. Warisan budaya yang satu ini sangatlah unik tidak hanya dari bentuk dan cara memainkannya, namun juga suara yang dihasilkannya pun sangat khas. Warisan yang satu ini juga telah diakui oleh UNESCO sejak tahun 2010 hingga saat ini tetap dilestarikan.

Pencak Silat

Pencak Silat merupakan seni bela diri asli dari Indonesia dan juga menjadi warisan budaya Indonesia dan tentunya telah diakui oleh dunia dan UNESCO, yang membuatnya berdiri sejajar dengan seni bela diri yang populer dari negara lainnya seperti karate dan taekwondo.

Pamor dari warisan budaya Indonesia yang satu ini semakin melejit setelah aktor-aktor laga dari Indonesia yang berlatar belakang Pencak Silat seperti Iko Uwais dan Yayan Ruhian yang kemudian meramaikan panggung Hollywood.

Tari Saman

Telah diakui oleh UNESCO secara resmi di tahun 2011 sebagai warisan budaya Indonesia, Tari Saman adalah kesenian yang menjadi bagian dari tari tradisi masyarakat Gayo, Aceh. Tari yang berkelompok dan dengan gerakan yang seling-seling ini sangatlah khas dan menjadi media untuk menyampaikan pesan atau dakwah.

Mesti terbilang sudah cukup tua dan langka, warisan budaya Indonesia ini masih dipertunjukkan saat pagelaran tingkat nasional misalnya seperti opening dari ceremony Asian Games 2018 saat Indonesia menjadi tuan rumahnya.

Reog Ponorogo

Selain Tari Saman ada juga Tari Reog Ponorogo yang menjadi warisan budaya Indonesia dan telah diakui oleh UNESCO, yang berasal daei Jawa TImur. Warisan budaya yang satu ini kerap dikenal dengan unsur magis serta sudah lama menjadi pertunjukan hiburan di masyarakat. Yang menjadi ciri khasnya yaitu topeng berkepala singa dan dengan hiasan burung merak yang memiliki bobot mencapai 50-60 kg yang dikenakan oleh sang penarinya. Pertunjukannya diselenggarakan di area yang terbuka dan diiringi oleh penari kuda lumping.

Wayang Kulit

Warisan budaya Indonesia yang selanjutnya dan telah mendunia adalah Wayang Kulit. Warisan budaya yang saru ini sudah diakui resmi oleh UNESCO pada tahun 2003. Kesenian ini begitu populer di daerah Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Warisan budaya yang satu ini konon diciptakan oleh Sunan Kalijaga dan dipergunakan untuk media persebaran agama Islam. Pertunjukannya biasanya diiringi oleh Gamelan yang juga merupakan warisan budaya dan telah diakui oleh UNESCO.

Candi Borobudur

Candi Borobudur telah dibangun disekitaran tahun 800-an masehi, dan terletak di Magelang, Jawa Tengah. Candi dengan corak Buddha dan telah diakui oleh UNESCO. Monumen Buddha terbesar di dunia ini tidak hanya menjadi destinasi wisata yang populer saja, namun juga masih berfungsi sebagai tempat beribadah dan ziarah baik bagi umat Buddha Indonesia maupun dari berbagai belahan dunia.

Candi ini memiliki arsitektur yang terdiri dari 6 buah teras yang berbentuk bujur sangkar lalu diatasnya tersusun 3 buah pelataran melingkar. Pada dindingnya terukir 2.672 relief yang menceritakan berbagai kisah dalam ajaran Buddha, yang menjadikannya sebagai monumen dengan relief terlengkap. Dan ada sekitar 504 arca Buddha.

Batik

Batik adalah kain dengan corak khas yang dibuat dengan menggoreskan malam atau lilin tradisional dengan menggunakan sebuah canting untuk menghasilkan polanya. Warisan yang satu ini juga telah dianggap sebagai busana nasional. Dan bahkan, kini sudah banyak ditemukannya kain batik modern, dan telah dipergunakan oleh tokoh-tokoh populer dunia. Motif dan pola pada kain batik yang khas tak hanya dikenal indah dan mengandung nilai seni tinggi tetapi juga sarat akan nilai-nilai budaya dan filosofis yang mendalam.

Itulah beberapa warisan budaya Indonesia yang telah mendunia. Telah menjadi warisan dunia tentunya kita harus melestarikannya agar tetap terjaga. Jangan sampai hilang begitu saja.

Baca juga IELTS : Writing Test

1 komentar untuk “Warisan Budaya Indonesia yang Mendunia”

  1. Pingback: Hindu-Buddha ke Indonesia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top