YUK SIMAK SEPERTI APA SIH SEJARAH TVRI ITU!

JPG

TVRI, singkatan dari Televisi Republik Indonesia, adalah stasiun televisi publik pertama di Indonesia.

Berikut adalah sejarah singkat TVRI:

1950-an:

Pada awal 1950-an, pemikiran tentang mendirikan stasiun televisi muncul di Indonesia. Pada tahun 1952, pemerintah Indonesia mendirikan Panitia Persiapan Pendirian Radio dan Televisi Nasional (P3RPN) untuk mempersiapkan pendirian stasiun televisi. Namun, proses ini terhenti sementara akibat peristiwa politik pada masa itu.

1960:

Pada tanggal 17 Agustus 1962, secara resmi di luncurkan oleh Presiden Soekarno dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Siaran pertamanya berlangsung di Lapangan Merdeka, Jakarta, dan menampilkan pidato Presiden Soekarno.

1970-an – 1980-an:

TVRI menjadi satu-satunya stasiun televisi di Indonesia dalam beberapa dekade. Siaran TVRI sangat di pengaruhi oleh pemerintah dan menjadi alat utama untuk menyebarkan pesan-pesan pemerintahan, baik politik maupun sosial. Program-program beragam seperti berita, hiburan, dan edukasi di tayangkan, meskipun dengan kendali ketat dari pemerintah.

1990-an:

Pada tahun 1990-an, otonomi daerah dan perkembangan teknologi komunikasi membawa perubahan dalam pemandangan media di Indonesia. TVRI mulai merasakan tekanan dari stasiun televisi swasta yang muncul. Pemerintah juga mulai melonggarkan kendali atas media.

2000-an:

Pada tahun 2000, TVRI menjalani transformasi menjadi perusahaan umum (perum) yang lebih mandiri secara finansial dan operasional. Namun, persaingan dengan stasiun televisi swasta semakin sengit.

2010-an:

TVRI berusaha untuk tetap relevan di era digital dengan menghadirkan konten-konten baru dan di versifikasi program. Namun, popularitas TVRI tetap kalah bersaing dengan stasiun televisi swasta dan platform digital.

Pada intinya, TVRI memiliki peran penting dalam sejarah media dan komunikasi di Indonesia. Meskipun dalam beberapa periode di masa lalu terpengaruh oleh kepentingan politik pemerintah, TVRI tetap menjadi bagian dari perjalanan sejarah negara ini. Dengan perkembangan media dan teknologi informasi, peran TVRI telah berubah dari satu-satunya sumber informasi menjadi salah satu opsi di tengah beragamnya media yang tersedia.

Baca juga : YUK SIMAK MATERI YANG MEMBAHAS TENTANG CARA MENGHARGAI JASA TOKOH PEJUANG!

YUK IKUTAN KOMPETISI ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI!!!

Yuk, ikuti kompetisi online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Mari kita hadapi kompetisi dengan semangat kompetitif yang sehat dan berusaha mencapai hasil terbaik. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan pengakuan dan penghargaan atas prestasi Anda di KompetisiOnlineTerspektakuler dari Beelajar.comKompetisi.co.idOlimpiadekita.comAjangJuara.comKompetisiNasional.comCarilesprivat.com, dan PT. HARMONI KREASI DIGITAL. Bergabunglah dalam kompetisi online, dan mari terus belajar, tumbuh, dan meraih kesuksesan bersama!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top