Zaman Batu dan Pembagiannya

Sangat jauh sebelum adanya peradaban maju seperti saat ini, manusia tinggal di zaman dengan teknologi yang sangat sederhana dengan menggunakan alat-alat dari batu hingga logam sederhana. Sebagai buktinya bahwa manusia pernah di zaman batu bisa kita jumpai di beberapa museum purbakala di seluruh dunia.

Zaman batu terbagi menjadi beberapa bagian, seperti paleolitikum, mesolitikum, neolitikum, dan juga megalitikum. Brtikut ini penjelasan dari beberapa dari masa ke masa.

Zaman batu tua (paleolitikum)

Zaman paleolitikum merupakan zaman dimana manusia purba saat itu masih menggunakan alat dari batu-batu besar dan yang masih kasar. Beberapa peralatan yang digunakan pada zaman palaeolithikum ini diantaranya yaitu kapak perimbas dan juga alat-alat serpih. Kehidupan manusia purba saat itu masih menerapkan gaya hidup yang nomaden atau disebut juga berpindah-pindah. Mereka memperoleh makanan dengan cara berburu binatang dan mengumpulkan makanan berupa biji-bijian, sayuran dan buah dari alam yang dilewatinya.

Zaman batu tengah (mesolitikum)

Yang selanjutnya adalah zaman mesolitikum. Di zaman ini peralatan yang digunakan oleh manusia purba telah ada peningkatan. Peralatan batu yang digunakan mulanya besar juga kasar kini mulai dimodifikasi oleh manusia purba menjadi lebih halus dan berukuran lebih kecil. Diantaranya seperti pebble dan juga mata panah yang terbuat dari batu. Dizaman ini manusia purba sudah mulai hidup menetap. Sebagai buktinya adalah dengan ditemuannya Kjokkenmoddinger atau sampah sisa-sisa makanan seperti kulit kerang dan Abris sous Roche yaitu cerukan atau gua yang digunakan manusia purba sebagai tempat tinggal.

Periode zaman batu baru (neolitikum)

Zaman selanjutnya yaitu neolitikum. Peralatan yang digunakan di zaman ini semakin maju yaitu seperti diantaranya kapak persegi dan juga kapak lonjong. Kehidupan manusia di zaman ini juga sudah mulai berada di fase food producing. Selain sudah menetap, mereka juga telah melakukan bercocok tanam untuk menghasilkan makanan sendiri dengan diselingi berburu juga.

Periode zaman batu besar (megalitikum)

Zaman batu yang terakhir yaitu megalitikum. Salah satu yang menjadi ciri khas pada zaman ini adalah sudah mulai percaya dengan adanya Tuhan. Dinamai dengan zaman megalitikum yaitu dikarenakan beberapa produk yang dihasilkan pada zaman ini berupa kebudayaan bangunan yang menggunakan batuan-batuan besar. Beberapa diantaranya seperti menhir, dolmen, kubur peti batu, sarkofagus, waruga, punden berundak, dan patung-patung.

Itulah penjelasan tentang zaman baru beserta pembagian zamannya dari masa ke masa. Semoga menjadi pelajaran yang bermanfaat dan inilah fakta bahwa manusia akan berkembang seiring berjalannya waktu dam perkembangan pada teknologinya.

baca juga Pentingnya Mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam

1 komentar untuk “Zaman Batu dan Pembagiannya”

  1. Pingback: Bunga Langka Yang Ada di Indonesia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top